Penyebaran APK Bagian dari Strategi Calon

  • Bagikan
Pembahasan persoalan proses pilkakam Kotabaru, Kecamatan Padangratu. FOTO SYAIFUL MAHRUM/RADARLAMPUNG.CO.ID

RADARLAMPUNG.CO.ID.- Alat peraga kampanye (APK) yang dipermasalahkan pada Pilkakam Kotabaru, Kecamatan Padangratu, Lampung Tengah, dibuat masing-masing calon. Itu bagian strategi menarik massa pemilih.

Ya, menurut Ketua Pilkakam Kotabaru Sarmin itu bagian strategi para calon. “Masing-masing calon yang buat sendiri. Strategi menarik massa. Tidak ada urusannya dengan panitia. Itu juga sudah sesuai aturan,” katanya.

Peraturan dan tata tertib Pilkakam, kata Sarmin, juga sudah disosialisasikan. “Sudah kita sosialisasikan. Baik itu aturan maupun tata tertib. Buktinya dari tahapan hingga penghitungan tak ada masalah. Jadi yang dipermasalahkan itu sudah sesuai aturan. Namanya riak dalam pilkakam,” ujarnya.

Diketahui perhelatan 49 Pilkakam di Lampung Tengah telah digelar. Namun, ada pengaduan dari tiga calon dalam Pilkakam Kotabaru, Kecamatan Padangratu, yang masuk ke Sekretariat Pemda Lamteng. Rapat persoalan ini dipimpin Plt. Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat Eko Dian Susanto.

“Dinilai ada kejanggalan dalam sosialisasi pilkakam yang dilakukan oknum calon nomor urut 2 Indra Kusuma Aji dan nomor urut 5 Karsim. Persoalannya, penyebaran alat peraga kampanye dengan mengatasnamakan panitia pilkakam dan tidak sesuai aturan yang berlaku,” katanya dalam rapat yang masih berlangsung di ruang kerjanya.

Tiga calon yang melaporkan adalah Yeni Retno Ningsih nomor urut 2, Daryanto nomor urut 3, dan Sukriyanto nomor urut 4. (sya/sur)




  • Bagikan