Penyusunan Soal USBN-UAS SD/SMP Rampung

  • Bagikan
Kepala Disdikbud Bandarlampung, Daniel Marsudi saat menandatangani berita acara penyerahan naskah soal USBN dan UAS di LPMP Lampung, Kamis (17/1) malam. Foto IST

radarlampung.co.id – Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) dan Kelompok Kerja Guru (KKG) telah merampungkan menyusunan soal ujian sekolah berstandar nasional (USBN) SD/MI/SMP dan ujian akhir semester (UAS) SD se-Kota Bandarlampung.

“Semalam naskah soal telah diserahkan ke kami dari koordinator pembuat soal. Yang menerimanya pak Kadis di Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Lampung,” ujar Eka Afriana, Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Lampung, Jumat (18/1).

Menurutnya, penyerahan disaksikan langsung Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP, M. Badrun, Ketua Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) SD, Ratna Aini dan Koordinator Pengawas Sekolah Suwandi Umar, dan Kepala Bidang Pendidikan Dasar, Mega Puri.

Penyerahannya naskah soalnya, lanjut Eka, diserahkan dalam keadaan tertutup dan tersegel dalam amplop, disaksikan oleh tim pembuat soal dan perwakilan LPMP Lampung. Selain naskah soal, dikesempatan itu juga dilaksanakan pemberian sertifikat kepada para pembuat soal.

Baca Juga:   Itera Siapkan PTM Metode Hybrid Learning

Eka yang mewakili Kepala Disdikbud Bandarlampung Daniel Marsudi menerangkan, soal yang dibuat akan diujikan kepada peserta didik saat mengikuti USBN dan UAS, sebagai salah satu alat ukur atau indikator dalam mengetahui mutu pendidikan.

“Meskipun USBN-UAS menjadi salah satu indikator pengukuran peningkatan mutu pendidikan, namun, proses pendidikan jauh lebih penting,” imbuhnya.

 

Setelah pihaknya menerima naskah soal, selanjutnya soal akan diperbanyak sesuai kebutuhan melalui percetakan. Dalam pencetakan, kerahasiaan soal akan dijaga agar tidak bocor.

“Setelah kami menerima naskah soal ini, secepatnya diserahkan kepada percetakan untuk diperbanyak. Dalam proses percetakan akan ada perjanjian antara keduabelah pihak, salah satunya adalah mengenai kerahasiaan soal,” tandasnya.

Baca Juga:   Yayasan Tak Boleh Campuri Kelulusan Siswa

Sebelumnya, sebanyak 40 tim yang menggodok soal USBN dan UAS bagi siswa SD dan SMP. Untuk SD ada tiga matapelajaran yang di USBN, yakni Matematika, Bahasa Indonesia dan IPA. Sedangkan jenjang SMP yakni enam matapelajaran yaitu Matematika, Bahasa Indonesia, IPA, Bahasa Inggris, IPS dan PKn.

Kemudian, UAS untuk SD yakni PKn, IPS, SBK (seni budaya dan jesenian) dan PJOK (pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan). Terkhusus untuk soal USBN ada 25 persen berasal dari bank soal Kemendikbud RI, sisanya 75 persen yang dibuat oleh tim daerah. (apr/kyd)




  • Bagikan