Perangi Kemiskinan, 100 Kube Terbentuk di Waykanan

  • Bagikan
ILUSTRASI/FOTO NET

radarlampung.co.id-Dinas Sosial Waykanan terus melakukan pembinaan terhadap keluarga miskin penerima bantuan Program Keluarga Harapan ( PKH ). Salah satunya lewat pembentukan kelompok usaha bersama (Kube) disetiap Kecamatan yang terdapat penerima PKH.

“Untuk menghindari adanya pungli dan sejenisnya terhadap penerima bantuan PKH maka dana yang diterima mereka kami distribusikan melalui rekening masing-masing penerima,” kata Pardi Kepala Dissos Waykanan selasa (19/3).


Namun menurutnya, pihak Dissos menyarankan agar para penerima bantuan PKH membuat suatu Kube yang bisa memenuhi kebutuhan para penerima bantuan PKH.

“Para penerima PKH itu ahirnya rela menyisihkan uang bantuan yang mereka terima untuk dijadikan modal bagi usaha mandiri yang bertujuan memenuhi kebutuhan hidup mereka sehari hari,” kata dia.

Febri SH, Koordinator Penerima PKH Waykanan menyatakan saat ini sudah terbentuk lebih dari 100 kube milik penerima PKH.

Jenis Kube itu antara lain warung kebutuhan pokok. Anggotanya adalah seluruh penerima bantuan PKH. Keuntungan nantinya menjadi milik penerima bantuan PKH dan disesuaikan dengan modal yang disetor ke Kube tersebut.

Selain warung kebutuhan pokok, ada pula usaha bersama peternak kambing. Dan dalam waktu dekat kemungkinan akan ada kelompok usaha peternak itik.

“Kalau uang kan tidak segitu lama pasti akan habis, namun dengan adanya kelompok usaha bersama ini, kebutuhan penerima PKH akan dapat terpenuhi,” katanya. (sah/wdi)




  • Bagikan