Perbaikan Bendungan Way Mandati Jadi Prioritas

  • Bagikan
Bendungan Way Mandati yang menyuplai air untuk sawah di Pekon Mon, Kecamatan Ngambur. FOTO YAYAN PRANTOSO/RADARLAMPUNG.CO.ID
Bendungan Way Mandati yang menyuplai air untuk sawah di Pekon Mon, Kecamatan Ngambur. FOTO YAYAN PRANTOSO/RADARLAMPUNG.CO.ID

radarlampung.co.id – Bendungan Way Mandati yang menyuplai air untuk sawah di Pekon Mon, Kecamatan Ngambur akan diperbaiki tahun ini. Sebelumnya, bendngan jebol saat banjir yang terjadi 2018 silam.

Kabid Sumber Daya Air Ade Kurniawan mewakili Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Pesisir Barat Jalaludin mengatakan, perbaikan tersebut menjadi salah satu prioritas. Sebab sarana itu memang sangat dibutuhkan untuk mengairi sekitar 500 hektare sawah.

“Bendungan Way Mandati cukup penting. Sebab menjadi satu-satunya sumber air untuk sawah irigasi di wilayah itu. Sebelumnya kita juga sudah melakukan pengecekan bersama konsultan perencanaan,” kata Ade Kurniawan, Rabu (9/1).

Dilanjutkan, teknis perbaikan bendungan yang jebol itu menunggu hasil konsultan perencanaan. Apakah akan dibangun tanggul sama dengan sebelumnya atau dengan cara lain.

”Perbaikan tanggul dengan panjang sekitar 30 meter lebih dan tinggi enam meter itu ditargetkan selesai dan sudah bisa difungsikan awal musim tanam kedua tahun 2019,” sebut dia. (yan/ais)

 




  • Bagikan