Percari Kerja di Mesuji Terus Melonjak

  • Bagikan
FOTO ILUSTRASI INTERNET

RADARLAMPUNG.CO.ID – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Mesuji mencatat setiap tahunnya jumlah pencari kerja (Pencaker) di kabupaten tersebut selalu megalami peningkatan. Hal itu terlihat dengan meningkatnya grafik jumlah pembuat kartu AK 1 yang sering disebut dengan kartu kuning.

Ya, untuk jumlah rinciannya per tahun selalu berubah dan mengalami peningkatan meskipun tipis. Seperti yang dapat dilihat dari data tiga tahun kebelakang. Pada tahun 2017 ada 216 pencaker dan pada tahun 2018 mengalami kenaikan menjadi 262 orang.

“Tahun 2019 ini kami prediksi tetap mengalami kenaikan meski November dan Desember belum kita rekap. Tahun ini data yang masuk awal Januari hingga Oktober jumlah pembuat kartu kuning sudah mencapai 323 orang,” ujar Kepala Disnekertrans Mesuji Ripriyanto melalui Kasi Pembinaan, Pelatihan, dan Produktifitas Tenaga Kerja Diding, saat berbincang dengan Radarlampung.co.id, Rabu (20/11).

Menurutnya, momen paling banyak dimanfaatkan para pencaker untuk membuat kartu kuning biasanya terdapat pada dua waktu. Yakni pada waktu kelulusan sekolah dan pasca Hari Raya Idul Fitri.

Selain itu, menurutnya mayoritas pencari kerja yang hendak membuat surat keterangan AK 1 rata-rata mereka yang baru lulus sekolah. “Ada yang mencari kerja ke luar Lampung dan ada pula yang masih di sekitar Lampung,” jelasnya. (muk/sur)




  • Bagikan