Percepatan DD Lamtim Dilaksanakan di 92 Desa

  • Bagikan
sumber ilustrasi www.radarcirebon.com

RADARLAMPUNG.CO.ID-Pemerintah Kabupaten Lampung Timur segera menyalurkan dana desa (DD).

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Lampung Timur Yudi Irawan menjelaskan, untuk tahun 2021 ini alokasi DD Lamtim sebesar Rp281 miliar yang akan didistribusiskan untuk 264 desa.


Dilanjutkan, sebagai tahap awal DD akan disalurkan kepada 92 desa. Sebab, berdasarkan hasil verifikasi dari 264 desa yang ada di Lamtim baru 92 desa itu yang telah siap melaksanakan percepatan penyaluran DD.  “Saat ini, penyaluran DD untuk 92 desa itu masih dalam proses,”jelasnya.

Ditambahkan, mekanismenya, DD akan disalurkan secara 3 tahap. Yakni,  tahap 1 sebesar 40 persen, tahap 2 sebesar 40 persen dan tahap 3 sebesar 20 persen. Selainjutnya, penyaluran DD langsung dari pusat ke Rekening Kas Negara (RKN) di Kantor Perbendaharaan dan Kas Negara ke rekening kas desa (RKD).

Baca Juga:   Turun Ke Level 2 PPKM, Lamtim Kembali Buka Objek Wisata

Diketahui sebelumnya, alokasi dana desa (DD) Kabupaten Lampung Timur tahun 2021 masih sama dengan tahun 2020.

Selain itu, penyaluran DD untuk masing-masing desa merupakan keputusan dari pemerintah pusat yang didasarkan sejumlah kriteria. Antara lain, indek pembangunan desa dan letak geografis. Keputusan dari pemerintah pusat tersebut kemudian ditindaklanjuti melalui Peraturan Bupati (Perbub). (wid/wdi)




  • Bagikan