Peresmian Bendungan Way Sekampung, Warga Diingatkan Tidak Beraktivitas di Sekitar DAS

  • Bagikan
Lokasi bendungan Way Sekampung di Pekon Bumiratu, Kecamatan Pagelaran, Pringsewu mulai perendaman. Pemkab bersiap menyambut kedatangan Presiden Joko Widodo yang diagendakan meresmikan salah satu proyek nasional tersebut. FOTO AGUS SUWIGNYO/RADARLAMPUNG.CO.ID

RADARLAMPUNG.CO.ID – Dinas PUPR Pringsewu telah menyurati camat agar meneruskan kepada warganya melalui kepala pekon terkait rencana pembukaan pintu bendungan Way Sekampung, Kamis (2/9).

“Sudah diteruskan ke camat yang yang wilayahnya berada di bagian hilir bendungan Way Sekampung terkait rencana pembukaan pintu bendungan, sekaligus peresmian oleh bapak Presiden Joko Widodo,” kata Kepala Dinas PUPR Pringsewu Imam Santiko.


Dicontohkannya, seperti yang dilakukan Camat Gadingrejo Joko Hermanto, ditujukan pada seluruh kepala pekon. Isinya diminta memberikan imbauan kepada seluruh masyarakat untuk tidak melakukan aktifitas dalam bentuk apapun di sepanjang daerah aliran sungai (DAS) Way Sekampung.

Mengingat pada saat peresmian tersebut, Presiden Joko Widodo akan membuka pintu bendungan sehingga mengakibatkan aliran sungai yang sangat deras di sepanjang Way Sekampung.

Baca Juga:   Dugaan Sementara, Bunuh Diri Karena Depresi

Untuk mencegah dan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, maka diminta secara khusus kepada Kepala Pokon Bulukarto, Klaten, Yogyakarta, Kedi dan Mataram untuk menyiagakan perangkatnya.

Yakni memantau situasi dan kondisi di sepanjang aliran Sungai Way Sekampung pada tanggal tersebut untuk dilaporkan kepada Bupati Pringsewu melalui Camat Gadingrejo.

Seperti diketahui, impouding atau pengisian awal Bendungan Way Sekampung yang berdampak pada surutnya aliran sungai di bagian hilir di jadwalkan mulai 2 September akan di alirkan kembali.

Hal ini sekaligus menandai peresmian Bendungan Way Sekampung oleh presiden RI Joko Widodo yang akan didampingi Gubernur Arinal Junaidi dan Bupati Pringsewu Sujadi Saddat. (sag/ais)




  • Bagikan