Perhatikan Persiapan Gerbong Sambut Mudik Lebaran


RADARLAMPUNG.CO.ID –  Demi kenyamanan pemudik Lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah, Depo Lokomotif dan Kereta PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional (Divre) IV Tanjung Karang sangat memperhatikan kesiapan gerbong serta mesin dari Lokomotif.

Mengenai persiapan tersebut, Yulianto selaku Kepala Depo Lokomotif Divre IV Tanjung Karang menjelaskan, menjelang mudik tahun ini, pihaknya mempersiapkan kondisi Lokomotif yang telah siap beroperasi.





“Depo lokomotif Tanjung Karang ini, sangat memperhatikan sekali angkutan untuk penumpang, kami mengambil perawatan setiap satu bulan sekali untuk mewujudkan Lokomotif handal dengan sarana siap operasi,” katanya, saat ditemui di Dipo Lokomotif Tanjung Karang. Selasa (26/4)

Adapun Lokomotif yang telah dipersiapkan untuk penumpang yang akan mudik pada tahun ini, yakni pihaknya telah mempersiapkan empat Lokomotif  jenis 201, dan Jenis Kertapati untuk Express, ia juga menjamin Lokomotif yang dipersiapakan sangat baik dan safety.

Baca Juga:   Eva Silaturahmi ke Tjahjo Kumolo

“Lokomotif kita sudah siap, untuk 201 kita ada empat lokomotif untuk melayani kereta penumpang, kami juga ada lokomotif dari kertapati untuk express. InsyaAllah semua lokomotif keluar dari dipo itu kita jamin dan kami nyatakan aman, baik dan safety,” kata dia.

Untuk perawatan dari lokomotif itu sendiri, Ia mengatakan, itu harus dilihat dari segi siklus peralatannya. Pada umumnya perawatan Lokomotif bisa memakan waktu hingga satu hari bahkan sampai dua hari. “Kalau untuk perawatan kami butuh waktu satu hari, tergantung siklus peralatannya, kalau seandainya perawatannya untuk satu tahunan itu bisa makan waktu dua hari,” jelasnya.

Sementara, untuk perawatan harian, kami tetep perhatikan mesin-mesin kecilnya, mulai dari pelumas, sistem engine dan sebagainya. “Untuk perawatan penuhnya, mulai dari rangka atas, disel, kompresor, mesin elektrik dan rangka bawah, roda,” ungkapnya. (gie/ang)

Baca Juga:   KWRI Bandarlampung Kutuk Kekerasan Tentara Israel yang Tembak Mati Wartawan Al Jazeera