Peringati Hardiknas, Puluhan Mahasiswa Gelar Aksi

  • Bagikan

radarlampung.co.id – Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang jatuh pada Rabu (2/5),  puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Pemuda Mahasiswa Lampung (AMPL) menggelar aksi damai di lapangan Kopri Gubernur Lampung, Rabu, (2/5).

Koordinator lapangan aksi Sayid Cipta mahasiswa Unila mengatakan, bahwa sebagai sektor jasa pendidikan seperti pelaksanaan sistem Uang Kuliah Tunggal (UKT) untuk Perguruan Tinggi Negeri yang hanya mencocokan pendapatan atau penanggung biaya dengan kisaran setiap golongan.

“Artinya negara melepas tanggung jawabnya atas pendidikan yang telah diatur bahwa dimana setiap warga negara berhak mendapat pendidikan dan pemerintah wajib membiayainya,” kata dia.

Menurutnya, dalam konstitusi tertinggi yang diamanatkan oleh pendiri bangsa dalam Undang-Undang Dasar 1945 mengatur perihal pendidikan untuk setiap warga negara tanpa terkecuali.

Baca Juga:   Pemkot Bandarlampung Nantikan Penyaluran DBH Triwulan Dua 2021

“Pendidikan sejatinya ialah mencerdaskan kehidupan bangsa dan memanusiakan manusia. Jadi pendidikan haruslah gratis, ilmiah, demokratis dan mengabdi pada rakyat, bukan membebani para penuntut ilmu,” jelasnya.

Maka dari itu, lanjut dia, dalam aksi ini pihaknya menuntut pemerintah dapat mewujudkan pendidikan gratis untuk rakyat dan cabut seluruh regulasi yang merampas hak demokrasi rakyat.

“Dan mencabut peraturan pemerintah nomor 78 tahun 2015. Kami juga minta mengwujudkan reforma agrarian sejati dengan memberikan jaminan lapangan pekerjaan,” tandasnya. (ndi/ang)




  • Bagikan