Peringati Hari Bumi, UPTD KPHK Tahura WAR dan Persaki Gelar Pelatihan Ecoprint

  • Bagikan

RADARLAMPUNG.CO.ID – Dalam rangka memperingati Hari Bumi Tahun 2021, UPTD KPHK Tahura Wan Abdul Rachman (WAR) bekerja sama dengan Persaki (Persatuan Sarjana Kehutanan Indonesia) Lampung menyelenggarakan Pelatihan Ecoprint.

Kegiatan pelatihan dibuka langsung oleh Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Lampung Ir. Yanyan Ruchyansyah, M.Si., IPU. dan diikuti oleh 50 orang peserta yang terdiri dari bapak, ibu, remaja, dan anak-anak, di Gedung Pusat Informasi Tahura WAR.

Yanyan Ruchyansyah menuturkan, Peringatan Hari Bumi mengingatkan kita semua tentang pentingnya menjaga dan memanfaatkan sumberdaya alam dengan bijak. “Kepedulian akan pentingnya menjaga alam dan lingkungan ini harus ditumbuhkan sejak dini, pada remaja, dan anak-anak,” ujarnya, Sabtu (24/4).

Baca Juga:   Oksigen Medis Langka, Stok RSUDAM Hanya Cukup Dua Hari, Sekprov Lampung Kumpulkan Pengusaha

Hal ini senada juga disampaikan Kepala UPTD KPHK Tahura Wan Abdul Rachman Ir. Eny Puspasari, S.Hut., M.Si., IPM, bahwa dengan diadakannya pelatihan ecoprint ini selain dapat menjadi peluang usaha juga dapat menumbuhkan kesadaran pada para peserta dan masyarakat akan pentingnya menanam dan memelihara pohon.

“Tidak hanya manfaat ekologi yang dihasilkan dari sebatang pohon tetapi juga manfaat ekonomi yang tidak sedikit. Daun, bunga, dan ranting pohon dapat digunakan untuk pola atau pewarnaan pada kain sebagai bahan baju ataupun kerudung dan lainnya,” ungkapnya.

Lanjut  Eny, Ecoprint merupakan teknik pewarnaan alami dengan cara menempel bentuk asli tumbuhan (daun/bunga) ke permukaan kain yang diinginkan. Teknik ini prosesnya sederhana, tidak menggunakan mesin dan tentunya ramah lingkungan.

Baca Juga:   PT. CPI Silo Dryer Lampung Peduli dan Berbagi

“Pada pelatihan Ecoprint ini masing-masing peserta dapat membawa pulang pouch tumbler dan pouch kotak makan yang hasil praktek Ecoprint masing-masing peserta,” ucapnya. (Pip/yud)




  • Bagikan