Peringati Hari Kopi Se Dunia, Gubernur Arinal Minta Bupati Tingkatkan Produksi Kopi

  • Bagikan

radarlampung.co.id – Peringatan hari kopi Internasional, digelar Pemprov Lampung di Lapangan Saburai, pada Sabtu (2/10).

Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi bersama empat Bupati penghasil utama kopi di Lampung siap meningkatkan produksi kopi.


“Hari ini adalah hari kopi internasional. Sebagaimana diketahui bahwa Lampung adalah penghasil kopi di Indonesia. Bahkan internasional. Oleh karena itu, mulai hari ini saya mengajak kepada para bupati sebagai penghasil kopi yakni Lampung Barat, Waykanan, Tanggamus dan Lampung Utara untuk meningkatkan produksi kopi,” ugkap Arinal.

Arinal menyebutkan, produksi kopi masa mendatang, harus tetap mengedepankan mutu. Dalam peningkatan mutu kopi ini, Gubernur menyebut akan bekerja sama dengan perbankan untuk memberikan bantuan agar unit prosesing dan bijinya langsung ke bubuknya di proses di petani. Sehingga nilai tambahnya ada di petani bukan di pengusaha.

Baca Juga:   Kemenkumham Lampung Peringati HDKD 2021

“Saya juga minta kepada para Bupati untuk mengawasi, karena ini perlu kualitas yang higienis kopi. Tetapi dengan adanya itu akan ada nilai tambah. Bagaimanapun juga pendapatan petani harus ditingkatkan sehingga kerjasama antara pengusaha lokal dengan para bupati terjalin,” harapnya.

Arinal melarang pengusaha asing masuk ke daerah produksi kopi di Lampung. Arinal justru meminta petani berhadapan dengan pengusaha lokal saja. Sebab, dirinya ingin pengusaha lokal ikut bertanggungjawab membina bersama pemerintah daerah.

“Kopi merupakan suatu kebanggaan Lampung dan Indonesia. Karena sudah ditemukan produksi tertinggi di Lampung Barat yang menghasilkan 3 ton per hektar. Rata-rata yang ditanam di kawasan maka cuma 0,7 ton. Maka saya akan bangkitkan 4 kabupaten. Upaya pertama hulu diproses sampai hilir dan kebun kopi bisa diselang dengan tanaman lada yang juga dibutuhkan oleh pasar internasional,” tandasnya. (rma/yud)




  • Bagikan