Peringati Hari Pahlawan, Forkopimda Tulangbawang Ziarah ke Makam Pahlawan

  • Bagikan
Forkopimda Tulangbawang ziarah nasional memperingati Hari Pahlawan di Taman Makam Pahlawan, Kampung Bujung Tenuk, Menggala. Foto Penerangan Kodim 0426/TB
Forkopimda Tulangbawang ziarah nasional memperingati Hari Pahlawan di Taman Makam Pahlawan, Kampung Bujung Tenuk, Menggala. Foto Penerangan Kodim 0426/TB

Radarlampung.co.id – Bangsa Indonesia hari ini memperingati Hari Pahlawan. Berbagai kegiatan dilakukan sebagai bentuk penghormatan kepada para pahlawan yang telah gugur.

Seperti yang dilakukan forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda) Tulangbawang. Forkopimda setempat menggelar upacara Ziarah Nasional memperingati Hari Pahlawan di Taman Makam Pahlawan, Kampung Bujung Tenuk, Menggala, Rabu (10/11).


Dandim 0426/TB Letkol Kav Joko Sunarto pada kesempatan tersebut memimpin upacara. Diikuti Bupati Tulangbawang Winarti, Ketua DPRD Sopi’i, Kapolres AKBP Hujra Soumena, Kajari Tulangbawang Dyah Ambarwati, serta perwakilan instansi-instansi lain.

Letkol Joko Sunarto dalam kegiatan tersebut mengatakan, momentum Hari Pahlawan harus dijadikan momen untuk semakin memperkokoh rasa cinta terhadap tanah air.

Selain itu, ziarah nasional juga sebagai wujud penghargaan terhadap jasa para pahlawan yang telah gugur, membela serta mempertahankan kemerdekaan bangsa Indonesia dari tangan penjajah.

Baca Juga:   Pemkab Tuba Raih Penghargaan Penanganan ODF Terbaik dari Pemprov Lampung

“Para pahlawan terdahulu sudah berjuang demi merebut dan mempertahankan kemerdekaan. Mari kita jaga bersama perjuangan mereka,” kata Dandim.

Sementara itu, pada peringatan Hari Pahlawan tahun ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tulangbawang mengimbau masyarakat untuk mengibarkan bendera Merah Putih dilingkungan masing-masing.

Imbauan tersebut tertuang dalam surat edaran (SE) Bupati Tulangbawang Winarti Nomor: 100/426/I.1/TB/2021.

SE tersebut dibuat sebagai tindaklanjut surat Menteri Dalam Negeri Nomor: 003.1/6166/SJ perihal Juknis peringatan hari pahlawan tahun 2021 dan dalam rangka memperingati hari pahlawan diwilayah Kabupaten Tulangbawang.

Sekretaris Kabupaten (Sekab) Tulangbawang Anthoni mengatakan, sehubungan dengan SE Bupati tersebut para kepala OPD, Camat dan Lurah/Kepala Kampung diminta untuk memasang atau mengibarkan bendera Merah Putih satu tiang penuh disetiap lingkungan kantor.

Baca Juga:   Ditetapkan Gubernur, Pemkab Tuba Segera Sosialisasikan UMK Rp2.443.960,30

Selain itu, para Camat dan Lurah/Kepala Kampung juga diminta mengimbau warga di daerahnya masing-masing untuk memasang atau mengibarkan bendera Merah Putih satu tiang penuh disetiap lingkungan pemukiman rumah penduduk.

Tidak hanya itu, masyarakat juga diminta melaksanakan hening cipta serentak selama 60 detik pada pukul 08.15 waktu setempat.

“Pengibaran bendera ini sebagai bentuk penghormatan kita terhadap jasa para pahlawan yang telah berjuang merebut kemerdekaan,” kata Bupati Winarti.

Menurut mantan ketua DPRD Tulangbawang itu, tanpa perjuangan dan pengorbanan pahlawan, bangsa Indonesia belum tentu akan menjadi seperti sekarang. Untuk itu masyarakat, khususnya generasi muda harus selalu mengingat jasa para pahlawan. (nal/sur)





Baca Selengkapnya...





  • Bagikan