Peringati HKSN, Sekprov Lampung Ingatkan Kembali Soal Kebersamaan


Gelaran HKSN yang digelar Pemprov Lampung, Rabu (22/12) foto Dinas Sosial Provinsi Lampung for Radar Lampung

RADARLAMPUNG.CO.ID-Pemprov Lampung menggelar puncak Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) pada Rabu (22/12). Sekretaris Daerah Provinsi Lampung, Fahrizal Darminto membuka langsung kegiatan yang dipusatkan di Museum Lampung tersebut.

Fahrizal mengatakan HKSN diperingati pada tanggal 20 Desember setiap tahun sebagai rasa syukur dan hormat atas keberhasilan seluruh lapisan masyarakat Indonesia dalam menghadapi ancaman bangsa lain yang ingin menjajah kembali bangsa kita. Kesetiakawanan sosial terwujud melalui bentuk sikap pemikiran dan kepedulian yang dilandasi kesadaran untuk saling berbagi.





“Dalam rangka membangun suatu etos yang bertujuan menumbuhkembangkan rasa kebersamaan kesetiakawanan sosial dan kepedulian terhadap multi aspek hubungan sosial yang ada ekonomi, pendidikan dan budaya, sesuai dengan tema HKSN 2021 solidaritas Indonesia Sejahtera,” ungkapnya.

Jiwa dan semangat kebersamaan, kegotongroyongan, kekeluargaan dan kerelaan berkorban tanpa pamrih yang tumbuh di dalam masyarakat harus dikembangkan, direvitalisasi, dan didayagunakan dalam kehidupan berbangsa. Nilai kesetiakawanan memiliki posisi strategis lantaran menjadi landasan sebagai semangat kebersamaan, saling percaya dan keterikatan sosial yang diimplementasikan semangat berkorban masyarakat.

Baca Juga:   Kejati Lampung Siap Kawal PLN Bangun Infrastruktur Kelistrikan

“Peringatan HKSN tahun ini juga merupakan momentum untuk mengingatkan bahwa manusia sebagai makhluk sosial harus memiliki jiwa sosial. HKSN merupakan nilai dasar jati diri bangsa Indonesia yang menjadi ciri khas bangsa Indonesia yang merefleksikan budaya dan kearifan nasional,” lanjutnya.

Fahrizal juga mengucapkan selamat atas pengukuhan pengurus Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat (IPSM) periode 2021-2026 sebagai organisasi yang bergerak di bidang sosial, pengurus IPSM diingatkan agar menjaga motivasi dalam membantu masyarakat.

“Melalui kesempatan yang baik ini saya mengajak kepada kita semua untuk menjadi pahlawan kemanusiaan melalui berbagai upaya yang bisa dimulai dari diri sendiri keluarga lingkungan sekitar serta bangsa dan negara melalui Pilpres sosial yang terdiri dari pekerja sosial masyarakat atau PSM, karang taruna, Taruna siaga bencana atau Tagana tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan atau TKSK, orang lembaga kesejahteraan sosial atau LKS pendamping keluarga harapan atau PKH,” lanjutnya.

Baca Juga:   Waspada! Ada Gelombang Tinggi di Lampung

Lebih lanjut, kesetiakawanan sosial itu diperlukan saat kita ada keterbatasan. Banyak sekali hal positif yang didapatkan dalam memaknai kesetiakawanan ini dengan bagaimana kita bisa menyelesaikan suatu hal secara bersama-sama.

Di tambahkan Kadis Sosial Provinsi Lampung, Aswarodi, peringatan HKSN merupakan upaya untuk mengenang, menghayati dan melakukan aksi dengan semangat persatuan, kesatuan dan gotong royong serta kekeluargaan rakyat Indonesia bahu-membahu mengatasi permasalahan dalam mempertahankan kedaulatan bangsa dan negara.

“Maka dengan pelaksanaan kegiatan peringatan HKSN provinsi Lampung tahun 2021 dengan tema perkokoh solidaritas Indonesia sejahtera, Dinas Sosial telah melakukan beberapa kegiatan diantaranya nya bulan bakti gotong royong membersihkan taman makam pahlawan Tanjungkarang yang dilaksanakan kan oleh pegawai dinas sosial dan masyarakat,” lanjutnya.

Baca Juga:   Persoalan TGR RSUDAM Jadi Atensi Khusus

Kemudian adapula Kegiatan ziarah wisata ke makam pahlawan Raden Intan 2 di Kalianda Lampung Selatan, beasiswa bagi siswa SD dan SMP kurang mampu sebanyak 100 siswa pada bulan November. Pengukuhan ikatan pekerja sosial masyarakat provinsi Lampung. Puncak acara dilaksanakan pada Rabu 22 Desember di museum Lampung.

“Tujuan pelaksanaan HKSN 2021 adalah terwujudnya tata kehidupan dan penghidupan masyarakat yang dilandasi oleh kesetiakawanan sosial dan terciptanya kondisi sosial yang menjamin kesetiakawanan sosial mampu menjadi pilar dasar dalam mewujudkan Indonesia sejahtera pada umumnya dan posisi masyarakat Lampung berjaya,” lanjutnya. (rma/wdi)