Lambar  

Perketat Lalu Lintas Ternak di Lambar


RADARLAMPUNG.CO.ID – Upaya mengantisipasi penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) dilakukan Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Lampung Barat dengan memperketat lalu lintas ternak di kabupaten itu.

Kepala Disbunnak Lambar Yudha Setiawan mengatakan, pengawasan terhadap ternak hidup yang akan masuk dilakukan melalui Pos Pinusan Sumberjaya dan Sukau.





Langkah lain, tidak memberikan rekomendasi pemasukan ternak dari daerah yang terkonfirmasi PMK ke Lambar.

“Kami juga sudah membentuk tim gerak cepat penanganan PMK di Lampung Barat. Melakukan pengawasan terhadap bahan asal hewan (BAH) dan pangan asal hewan (PAH) yang beredar di masyarakat,” kata Yudha Setiawan, Sabtu (14/5).

Kemudian, pihaknya juga melakukan sosialisasi dan KIE (komunikasi informasi dan edukasi) kepada masyarakat peternak serta disinfeksi kandang, investigasi dan monitoring ternak.

Baca Juga:   Tanggamus Aman PMK, Pengawasan Lalu lintas Ternak Diperketat

“Kami juga sudah memerintahkan semua UPT pusat kesehatan hewan, agar melapor ke Disbunnak jika ditemukan tanda-tanda atau gejala klinis yang diduga penyakit mulut dan kuku. Hari ini petugas kami melakukan pemeriksaan di Kecamatan Sukau,” urainya. (nop/ais)