Persiapan Fisik, Sambut Ibadah Haji

  • Bagikan
Berfoto dengan latar tempat kelahiran Nabi Muhamad SAW. Saat ini namanya maktabah mekah/ perpustakaan Makkah. Foto-foto Liris Vawina/radarlampung.co.id

Laporan GM Radar Lampung

Liris Vawina, Makkah

radarlampung.co.id-Rombongan KBIH Safir Al Madina berjumlah 323 yang tergabung dalam keloter 9 JKG telah menyelesaikan seluruh rangkaian kegiatan sunah dan ziarah baik di Madina maupun di tanah suci Makkah.

“Alhamdulillah untuk kegiatan sunah dan ziarah, semuanya sudah dilaksnaakan, tinggal memperbanyak ibadah di Masjidil Haram, dan mempersiapkan fisik untuk melaksanakan rukun haji,” jelas Ustaz Ikhsan pimpinan KBIH Safir Almadinah kepada Radar Lampung di Masjid Haram usai tawaf sunah Sabtu (27/7) malam waktu setempat.

Rombongan yang tergabung dalam kloter 9JKG bertolak menuju kota Madina Al Munawwarah pada tanggal 12 Juli lalu. Setibanya langsung melaksanakan sholat Zuhur di Masjid Nabawi untuk mencapai Arbain.

Kegiatan selama di Madinah, diawali dengan ziarah ke Makam Rasulullah dan sholat sunah di Raudhah taman surga. Masih di areal masjid Nabawi, para jamaah mendapat pengalaman meihat berbagai Al-Quran di musium Al-Quran di Madinah, ada yang terbuat dari emas, Al-Quran jahitan tangan dan masih banyak lagi.

Baca Juga:   Tujuh Daerah di Lampung Ini Berstatus Zona Merah Covid-19

Hari selanjutnya selain terus fokus untuk arbain, KBIH Safir mengunjungi dan sholat sunah di Masjid Quba, Masjid pertama yang di bangun Rasullulah. Berziarah ke jabal uhud Kemudian juga diberi kesempatan membeli kurma langsung di kebunnya.

“Alhamdulillah tepat di tanggal 21 Juli jamaah telah menyelesaikan rangkaian ibadah sunnah arbain selama 8 hari di madinah. Selanjutnya, bertolak ke Mekkah mengambil miqot di Bir ali,  kemudian melakskanakan umroh wajib yg termasuk rangkaian ibadah haji,” katanya.

Al-Quran terbuat dari emas

Selanjutnya  sambil menunggu puncak ibadah haji yang dimulai pada  8 Zulhijjah jamaah melaksanakan ibadah ke masjidil haram baik wajib maupun sunah. Juga berziarah ke tempat ziarah yg ada di kota Makkah.

Baca Juga:   Ratusan Nakes di Lambar Terkonfirmasi Covid-19

Seperti mengunjungi tempat kelahiran Nabi Muhammad SAW yang saat ini sudah menjadi perpustakaan dan bangunannyapun telah dipugar. Atau berkunjung Ke Masjid Jin, ziarah ke Jabal Nur, jabal Rahma, dan kembali melakukan umroh sunah dan umroh badal.

Dan malam ini (28/07) rombongan melakukan tawaf sunah serta shalat di Hijir Ismail yang merupakan sebuah tempat berada sebelah utara bangunan Ka’bah, berbentuk setengah lingkaran, dibangun oleh Nabi Ismail alaihissalam, termasuk bangunan suci umat Islam.

“Alhamdulillah berbagai rangkaian kegiatan yang memang sudah terjadwal oleh KBIH Safir Almadina sudah terlaksana, selain memperbanyak ibadah di Masjidil Harom, jemaah diharapkan terus menjaga kondisi fisik untuk Ibadah Utama kita yaitu Ibadah Haji, yg tentunya merupakan Ibadah fisik,” paparnya. (ris/wdi)




  • Bagikan