Persiapkan Kafilah MTQ Provinsi, Pemkab Tubaba akan Gelar STQ Kabupaten

  • Bagikan
Kabag Kesra, Nurkholis, M.M. f dedi S. Radar Tuba

RADARLAMPUNG.CO.ID- Pemerintah Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) akan melakukan penjaringan Qori’ dan Qori’ah berbakat melalui Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ). Kegiatan yang akan melibatkan Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) tersebut dalam rangka persiapan mengikuti Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Provinsi Lampung tahun ini.

“Informasi sementara yang kami terima, MTQ tingkat provinsi rencananya akan dilaksanakan bulan November 2021 di Kabupaten Pringsewu. Makanya kita juga mulai mempersiapkan diri dengan mengadakan STQ, dan rencananya akan kita laksanakan Mei mendatang,”ungkap Nurkholis Majid, S.IP, MM, Kabag Kesra Setdakab Tubaba, Kamis (18/2).


Menurutnya, STQ digelar dengan tujuan memilih Qori’ dan Qori’ah yang berbakat dan berkualitas untuk menjadi kafilah Tubaba pada MTQ tingkat provinsi tersebut. STQ tersebut, lanjutnya, juga sekaligus dalam rangka pembinaan agar seluruh kafilah siap mengikuti perhelatan MTQ tingkat provinsi.”Semua tentu harus dipersiapkan dari awal, agar pada saatnya nanti kita sudah siap,”ujarnya.

Baca Juga:   Mulai Diajarkan, Silabus Mulok Pendidikan Karakter Tubaba Akan Dilaunching

Untuk itu, kata dia, pihaknya akan segera berkoordinasi dengan Kementerian Agama (Kemenag) Tubaba dan LPTQ untuk mempersiapkan STQ tersebut.”Rencananya, STQ akan dilaksanakan di wilayah Kecamatan Tulang Bawang Tengah. Namun, untuk kepastian tempatnya menunggu rapat bersama persiapan tim STQ bersama Bagian Kesra dan Kemenag serta para dewan hakim dan panitia,”tandasnya.

Mengenai target jumlah peserta yang akan dikirim nantinya, Nurkholis menyatakan masih akan melihat jumlah peserta yang mengikuti STQ kabupaten, mulai dari cabang Tartil Qur’an, Qiroatul Qur’an, Tahfidzul Qur’an, Fahmil Qur’an, Tafsiril Qur’an, Syarhil Qur’an, Khattil Qur’an dan cabang-cabang yang lainnya.”Kita berharap setiap cabang ada yang mewakili. Dan tentunya kita niatkan kegiatan ini sebagai wahana dakwah dan syiar Islam untuk membumikan Al-Quran,”pungkasnya. (fei/rnn/wdi)




  • Bagikan