Pertama di Indonesia, NSTU Rusia MoU Dengan Unila, Kembangkan Teknologi Partikel Akselerator


Pertama di Indonesia, NTSU Rusia MoU Dengan Unila, Kembangkan Teknologi Partikel Akselerator
Penandatanganan MoU Universitas Lampung dengan Novosibirsk State Technical University (NSTU) Rusia, Selasa (18/1). Salah satunya dalam bidang pengembangan teknologi partikel akselerator. FOTO HUMAS UNILA

RADARLAMPUNG.CO.ID – Pengembangan Teknologi Partikel Akselerator menjadi salah satu bidang kerjasama Universitas Lampung dengan Novosibirsk State Technical University (NSTU) Rusia. Ini dituangkan dalam penandatangan MoU yang berlangsung, Selasa (18/1).

Kegiatan tersebut dihadiri Rektor Unila Prof. Dr. Karomani, M.Si. dan perwakilan Novosibirsk State Technical University (NSTU) The NSTU NETI Representative Fedor Leonov, Ph.D yang juga menjadi translator Rektor NSTU Prof. Dr. Antoly Bataev.





Dalam sambutannya Prof. Antoly mengatakan, Unila dan NSTU dalam waktu dekat akan memiki kerjasama pada berbagai bidang. Terutama teknologi radiasi nuklir.

“NSTU punya pengalaman cukup besar dibidang teknik radiasi. Harapannya kerjasama ini bisa membuat hubungan lebih erat antar kedua kampus,” kata Prof. Antoly.

Baca Juga:   Hari Pertama UTBK-SBMPT Diwarnai Mati Listrik, Ratusan Peserta tak Hadir

Sementara Prof. Karomani mengungkapkan, Unila sangat antusias dengan kerjasama di berbagai bidang. Khususnya bidang radiasi.

Menurut dia, dalam dunia pendidikan dan riset, radiasi nuklir tidak hanya digunakan untuk hal yang bertanda kutip bencana. Pada skala kecil, sangat berguna untuk pertanian, kesehatan, makanan dan lainnya.

“Kita sangat serius, karena mimpi Unila menjadi top ten dan sekarang sedang berada pada tahap penguatan daya saing. Tanpa henti akan melakukan kerjasama, menyusul Prancis dan Amerika. Kita akan membangun laboratorium yang memenuhi standar untuk radiasi ini,” ungkapnya.