Pertamina Salurkan Solar Sesuai Kuota

  • Bagikan
Pembelian BBM jenis solar dibatasi terbukti di SPBU 24.351-35 di jalan Ahmad Yani, Tanjungkarang Pusat (TkP), Bandarlampung, solar kosong, Senin (16/9). Foto M. Tegar Mujahid/ Radarlampung.co.id

RADARLAMPUNG.CO.ID – PT Pertamina Patra Niaga Subholding Commercial dan Trading memastikan stok solar di Lampung aman. Sebab, Pertamina menyalurkan BBM solar sesuai dengan kuota yang ada.

Area Manager Communication, Relation, dan CSR Sumbagsel Umar Ibnu Hasan mengatakan, solar termasuk jenis bahan bakar tertentu (JBT), sehingga penyalurannya disesuaikan ketentuan yang telah ditetapkan oleh regulator.


“Jadi sebelum mengisi BBM solar, petugas SPBU itu akan mencatat nomor kendaraan, data pelanggan serta jumlah pengisian BBM,” ujarnya, Senin (4/10).

Ia menjelaskan, sesuai dengan aturan yang berlaku, untuk kendaraan pribadi roda empat maksimal pembelian adalah 60 liter perhari. Sementara angkutan umum orang atau barang roda empat dapat membeli solar 80 liter per hari, dan untuk angkutan umum orang atau barang roda enam maksimal pembelian 200 liter per hari.

Baca Juga:   Beredar Kabar BBM Langka, Pertamina: Ada Indikasi, Silahkan Laporkan

“Solar ini kan barang subsidi, jadi kami (Pertamina) hanya menyalurkan sesuai dengan kuota,” imbuhnya.

Sementara, lanjutnya, di Provinsi Lampung saat ini terdapat 97 SPBU yang sedang melaksanakan Program Langit Biru (PLB) periode 12 September 2021 hingga 16 Oktober 2021 mendatang. Di mana, penyalurannya meningkat sekitar 60,1 persen, atau bertambah 556 KL/hari pada September terhadap Agustus.

“Artinya, konsumsi pertalite meningkat, dan masyarakat semakin sadar akan BBM berkualitas dan ramah lingkungan,” pungkasnya. (rur/sur)




  • Bagikan