Sports  

Pertandingan Pertama Pomnas XIV, Judo Lampung Raih 1 Emas dan 2 Perunggu


(dari kiri) Novan, Tubagus, Novran, Rudi dan Sensei Buyung yudhanto. Foto IST/RADARLAMPUNG.CO.ID

radarlampung.co.id – Pertandingan pertama ajang Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (Pomnas) XVI di Jakarta, Atlet Judo Lampung meraih satu medali emas dan dua perunggu.

Hal tersebut disampaikan Novan Febrilian Saputra R, salah satu official. Dirinya mengungkapkan, ketiga atlet Judo yang berhasil menyabet medali tersebut yakni, Tubagus Dinda Maulid (20) dari Institut Teknologi Sumatera (kelas pertandingan -66 kg) meraih medali emas.





Kemudian, M. Novran Satria (18) mahasiswa Universitas Lampung (-55 kg) dan Rudi Pramono (22 ) mahasiswa UM Metro (-60 kg) yang menyumbangkan perunggu.

Menurutnya, tim dari Judo Lampung besok masih akan mengikuti tiga kelas pertandingan, kelas -81 kg putera, 81 kg putera dan 63 kg puteri.

“Untuk target besok insyaAllah meraih satu emas lagi,” kata pegawai Dinas Pemuda dan Olahraga Bandarlampung ini melalui sambungan telepon, Sabtu (21/9) malam.

Menurutnya, meskipun latihan telah dilakukan secara kontinyu dan maksimal, namun pada hari pertama untuk 8 pertanding timnya baru bisa menyumbang satu emas dan dua perunggu.

“Sisanya ada juara peringkat lima. Seharusnya kalau menang ada perebutan juara tiga,” katanya.

Untuk perwakilan Lampung ada 12 atlet untuk 12 kelas. Karena 1 kelas untuk 1 orang saja. Sedangkan tim pelatih ada dua orang dan 1 orang official, tim Judo Lampung.

Dijelaskannya, ajang ini merupakan upaya untuk mengikuti PON 2020 di Papua, ajang ini dipersiapkan untuk para atlet pengumpulan poin di tingkat nasional.

Diketahui, Pomnas XVI Jakarta 2019 dibuka pada Kamis, 19 September 2019 di Gelanggang Olahraga Mahasiswa Soemantri Brojonegoro (GMSB) dan ditutup pada 26 September 2019. (apr/kyd)