Pertanian Tuba Diharapkan Berkontribusi Pada Pertumbuhan Ekonomi

  • Bagikan
Tulangbawang
Bupati Tulangbawang Winarti menyerahkan alat pertanian kepada perwakilan petani. Foto Diskominfo Tulangbawang

Radarlampung.co.id – Sektor pertanian di Tulangbawang (Tuba) diharapkan dapat berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi di masa pandemi Covid-19. Kepala Dinas Pertanian Nurmansyah mendampingi Bupati Tulangbawang Winarti menjelaskan, pertanian menjadi salah satu sektor yang mampu bertahan dari hantaman Covid-19.

Menurutnya, pertanian juga menjadi salah satu sektor unggulan yang tetap bergerak produktif dan melibatkan banyak tenaga kerja.


“Ibu Bupati (Winarti) memiliki harapan besar, sektor ini dapat banyak berkontribusi bagi pertumbuhan ekonomi di Tulangbawang,” ungkap Nurmansyah kepada Radarlampung.co.id, Kamis (2/9).

Dia menjelaskan, Tulangbawang memiliki lahan pertanian yang cukup luas dan potensial.

Luas lahan sawah saat ini di Tulangbawang lebih dari 48 ribu hektar. Sementara luas lahan kering sendiri juga lebih dari 299 ribu hektar dengan produksi mencapai ratusan ribu ton pertahun.

Baca Juga:   Hasil Zakat ASN, 46 Rumah Warga Dibedah

“Kabupaten Tulangbawang saat ini juga salah satu lumbung padi di Provinsi Lampung. Petani kita adalah ujung tombak pendukung swasembada pangan daerah dan nasional,” ujar mantan kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Tulangbawang itu.

Dilanjutkannya, di Tulangbawang terdapat 69 ribu lebih Kepala Keluarga berprofesi sebagian petani. Selain itu, ada juga 1.985 Kelompok Tani dan 138 Gapoktan di kabupaten berjuluk Sai Bumi Nengah Nyappur.

Untuk mewujudkan cita-cita Tulangbawang sebagai lokomotif peningkatan produktivitas pangan dan kesejahteraan petani, tahun depan Dinas Pertanian akan kembali berusaha mendapatkan program bantuan dari pemerintah pusat untuk petani.

Beberapa di antaranya seperti rehap jaringan irigasi, jalan usaha tani, bantuan pompa besar, cetak sawah, dan bantuan alsintan traktor roda 4 dan roda 2, pompa air, combine harvester, dan rice transplanter.

Baca Juga:   Satu Keluarga Korban Lakalantas di JTTS Hendak Tahlilan di Sumsel

Nurman berharap, bantuan dari pemerintah dapat mendorong pembangunan pertanian berbasis teknologi, agar dapat meningkatkan kemampuan petani untuk mengoptimalkan produksi dalam kuantitas, maupun kualitas secara lebih efektif dan efisien.

Sebelumnya diberitakan, Bupati Tulangbawang Winarti menyerahkan sebanyak 60 alat pertanian kepada kelompok petani di antaranya: 4 unit cultivator, 2 hand tractor, 20 pompa air, 10 alkon, 8 power threser, 15 power threser multi, dan 1 unit combaine besar.

Alat-alat pertanian tersebut diserahkan kepada perwakilan petani di rumah dinas jabatan bupati beberapa saat lalu. (nal/sur)




  • Bagikan