Perumahan Wajib Penuhi Komposisi Fasum-Fasos

  • Bagikan
Kadisperkim Kota Bandarlampung Yustam Effendi

RADARLAMPUNG.CO.ID – Tahun 2019 ini, Dinas Perumahan dan Pemukiman (Disperkim) Bandarlampung berjanji fokus mendata ulang perumahan-perumahan yang ada di Kota Tapis Berseri ini. Hal ini diutarakan Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman Bandarlampung Yustam Effendi.

“Dari data yang kami pegang ada sekitar 258 prumahan besar yang ada di daerah Kota Bandarlampung yang terdata, dan akan kita data ulang, agar tidak ada yang terlewat,” ucapnya kepada Radarlampung.co.id.


Pendataan tersebut penting untuk mengetahui fasilitas sosial (Fasos) dan fasilitas umum (Fasum) yang ada di perumahan-perumahan tersebut, yang mana berdasarkan peraturan ketika perumahan telah selsai, Fasos dan Fasumnya akan dirawat pemda.

“Gunanya untuk mengecek, kalau udah selesai kan Fasos dan Fasum itu akan diserahkan ke Pemda, kemudian pemda yang akan melakukan pemeliharaannya, jangan sampai tidak terdata oleh kita, karena takutnya perumahan tidak menyediakan fasos dan fasus yang memadai,” ucapnya.

Baca Juga:   Pemkot dan Bakso Son Haji Sony Kembali Gelar Pertemuan

Dengan pendataan ini pihaknya mengantisipasi agar tidak terjadi permasalahan di masa mendatang. Misalnya tempat taman bermain anak-anak di kemudian hari dijadikan bangunan dan lainnya, sehingga maayarakat perumahan kebingungan mencari tempat bermain.

“Pernah ada kasus salah satu perumahan tidak menyediakan lahan pemakaman dan saat penghuninya ada yang meninggal bingung mencari pemakanan, memang idelannya untuk perumahan yang memiliki luas mencapai 1 hektar, minimal menyediakan tempat pemakaman seluas 3 persen dari ukuran perumahan,” ujarnya. (pip/sur) 




  • Bagikan