Pesantren AQE HS Buka PMB Beasiswa Gratis untuk 20 Orang dari Keluarga Tak Mampu/Yatim Dhuafa

  • Bagikan
Perwakilan Santri Pesantren AQE HS meraih 3 mendali emas dan 2 mendali perak dalam Tournamen Pencak Silat Kota Bekasi tahun 2021. Foto Pesantren AQE HS
Perwakilan Santri Pesantren AQE HS meraih 3 mendali emas dan 2 mendali perak dalam Tournamen Pencak Silat Kota Bekasi tahun 2021. Foto Pesantren AQE HS

RADARLAMPUNG.CO.ID –  Yayasan Kreasi Rabbani Learning Center (KRLC) merupakan Yayasan yang bergerak di bidang pendidikan dan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM).

KRLC didirikan bermodal cinta dan semangat dari semua pengurus, pembina, dan pengawas yayasan terhadap dakwah Islam.



KRLC membawahi lima lembaga, yaitu; Al Itqan Quranic Education Camp Qur’an (AQE CQ), AQE Home Schooling (AQE HS), AQE Training, AQE Baitul Mal dan AQE Bisnis.

AQE Baitul Mal dan AQE bisnis sedang dirintis untuk menyokong kegiatan dakwah yayasan kedepannya. Hal ini disampaikan oleh Ice Lusia Marta, M.Si, selaku perintis yayasan kreasi rabbani learning center sekaligus Ketua penyusun kurikulum AQE.

Untuk AQE Camp Qur’an (AQE CQ), lanjut Ice, telah rutin melaksanakan kegiatan Camp Qur’an liburan selama lebih kurang tiga tahun, namun terhenti akibat Pandemi Covid19. “InsyaAllah setelah pandemi, AQE Camp Qur’an akan aktif kembali,” ucapnya.

Sementara untuk AQE Home Schooling (AQE HS) dirancang untuk jenjang pendidikan tingkat SMP dan SMA, guna mencetak para cendikiawan muslim yang ahli diberbagai bidang kehidupan.

Pada tingkat SMP, para santri difokuskan untuk menyelesaikan hafalan Al Qur’an 30 Juz, sehingga pelajaran umum hanya diberikan sekali sehari, agar proses pendidikan yang menyeluruh tidak terputus.

“Setiap materi pelajaran berusaha diintegrasikan dengan Al Qur’an dan Hadist, guna mengokohkan tauhid dan memperluas wawasan para santri. Guru setiap bidang studi juga tidak dianjurkan memberikan pekerjaan rumah,” ucapnya.

AQE merupakan pesantren tingkat SMP yang berbasis Home Schooling, dengan jumlah santri per kelas maksimal 10 orang, di mana pola pendidikan AQE menerapkan kelas kecil, sehingga setiap perkembangan anak mudah terkontrol. Lalu menerapkan kurikulum pendidikan berbasis Al Qur’an dan Sunnah, fokus membentuk iman yang kuat, membangun kebiasaan beribadah dan berbuat baik, menanamkan visi misi hidup seorang muslim, membentuk adab (karakter) dan kecakapan hidup.

Juga menerapkan metode pembelajaran yang “SMART” (Specific, Measurabel, Achievable, Relevant, Timebound) dan memperhatikan perkembangan anak secara menyeluruh.

Lalu, lingkungan sekolah di dalam komplek perumahan untuk proses pembelajaran yang langsung menyatu dengan masyarakat dan mempraktekkan ilmu di dunia nyata.

Tenaga pendidik yang hangat dan bersahabat, kemudian Tahfidz menjadi program utama pada jenjang SMP, pada jenjang SMA fokus pada persiapan memasuki perguruan tinggi sesuai minat dan bakat.

Kemudian, memiliki program terbit karya tulis dalam bentuk buku dan elektronik serta Memiliki extrakulikuler Pencak Silat dengan di latih oleh Guru dari IPSI.

Lebih lanjut Ice menambahkan, pada jenjang SMA, para santri didorong untuk memutqinkan hafalan Al Qur’an dan difokuskan kepada minat dan bakat masing-masing. Materi akademik akan diberikan dengan durasi waktu yang lebih banyak, guna persiapan untuk dapat bersaing memasuki perguruan tinggi dalam dan luar negri.

Santri yang ingin menempuh pendidikan di bidang agama Islam, akan diperkuat untuk bahasa Arab, bahasa inggris dan ilmu-ilmu yang mendukung.

Sedangkan santri yang berbakat menjadi ilmuan atau ilmu umum, akan didorong untuk menguasai ilmu yang mendukung di bidang tersebut.

Untuk santri yang telah lulus SMP, akan dicobakan untuk mengikuti tes beasiswa jenjang SMA di luar negri. Jika belum rizkinya lolos, maka kembali dibina di SMA AQE untuk persiapan memasuki perguruan tinggi, atau menekuni minat dan bakat yang menonjol.

KRLC ingin menjadi lembaga dakwah berbasis keluarga yang saling mengisi. Semua yang tercakup dalam yayasan ini, diharapkan dapat menjadi keluarga besar yang saling mendukung dalam suka dan duka.

Saat ini, juga sedang membuka pendaftaran penerimaan murid baru (PMB) Tahun ajaran 2022/2023 untuk anak-anak yatim atau dhuafa termasuk dari lampung untuk dibina di AQE HS.

“Kami memberikan Beasiswa untuk 10 Orang Yatim dhuafa untuk penempatan Jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP/MTs). Untuk warga asal Lampung dari keluarga yatim dhuafa silahkan mendaftar,” sebutnya.

Ice menyampaikan, AQE HS berkomitmen membentuk santri yang berakidah ahlussunnah waljamaah, taat beribadah dan berakhlak mulia, memiliki hafalan Al-quran 30 juz, mampu berbahasa arab aktif, memiliki wawasan keislaman yang komprehensif, disiplin dan memiliki jiwa kemandirian serta memiliki jiwa entrepreneurship.

Adapun kriteria yang dibutuhkan, lanjut dia, laki-laki, lulusan MI/SD, bisa membaca qur’an, memiliki motivasi kuat menghafal Qur’an , Berkomitmen menyelesaikan program pendidikan dan. Tidak memiliki riwayat penyakit berat (Hepatitis, Epilepsi, dan lainnya).

Bagi yang berminat untuk mengisi formulir pendaftaran melalui link: https://forms.gle/gEbEusQvqq9uhpp68.

Untuk pendaftaran hingga 10 Februari 2022 mendatang, untuk Pusat Informasi di Sekretariat Al Itqan Quranic Education Jalan Vila Nusa Indah 3 Blok KB 3/1, Bojongkulur, Gunung Putri Bogor. Kode Pos 16969. (gie/sur)






  • Bagikan