Pesawaran Dapat Bantuan Dua Sumur Bor

  • Bagikan
Penyerahan bantuan sumur bor dari Kementerian ESDM di Desa Purworejo, Kecamatan Negerikaton, Pesawaran, Kamis (10/1). FOTO FAHRURROZI/RADARLAMPUNG.CO.ID
Penyerahan bantuan sumur bor dari Kementerian ESDM di Desa Purworejo, Kecamatan Negerikaton, Pesawaran, Kamis (10/1). FOTO FAHRURROZI/RADARLAMPUNG.CO.ID

radarlampung.co.id – Sepanjang 2018, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral telah membangun 2.290 titik sumur bor yang tersebar di Indonesia. Kapasitas debit air bersih mencapai 144 juta M3 per tahun yang dapat melayani sebanyak 6.600 juta jiwa.

Hal itu disampaikan tenaga ahli Kementerian ESDM Kasminto pada penyerahan bantuan sarana dan prasarana air bersih melalui sumur bor dalam di Desa Purworejo, Kecamatan Negerikaton, Pesawaran, Kamis (10/1)

“Pembangunan sumur bor sebanyak 2.290 titik tersebut tersebar di 33 provinsi dan 312 kabupaten. Untuk Pesawaran, akan diresmikan pada dua titik,” kata Kasminto saat menyampaikan sambutan.

Menurut dia, air merupakan kebutuhan pokok yang harus dipenuhi. Tidak dapat dipungkiri, beberapa daerah di Indoneaia kesulitan air. Baik yang disebabkan kondisi alam dan pendanaan masyarakat.

Karena itu, salah satu tupoksi Badan Geologi Kementerian ESDM di bidang air tanah adalah memberikan pelayanan kepda masyarakat. Yaitu penyediaan sarana air bersih melalui sumur bor.

”Di Pesawaran ada dua unit unit, yakni di Desa Purworejo dan Penengahan, Kecamatan Waykhilau dengan total Rp800 juta. Spesifikasinya, kedalaman antara 100-125 meter, pompa selam 3 pk, 15 kpa genset, reservoar 5.000 liter, dan bangunan rumah genset. Sumur bor ini dengan kapasitas layanan 2.800 jiwa,” sebut dia. (ozi/ais)

 




  • Bagikan