Peserta Diksar Cakrawala Unila Jatuh Dua Kali, Panitia Pastikan Kegiatan Berjalan Sesuai SOP

  • Bagikan
Salah satu panitia Diksar Cakrawala didampingi alumni cakrawala, Ferdiansyah saat memberikan klarifikasi terkait adanya peserta Diksar yang sempat terjatuh hingga dua kali selama kegiatan berlangsung. Foto Ruri/radarlampung.co.id

radarlampung.co.id – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Cakrawala Universitas Lampung (Unila) menyatakan telah menjalankan Pendidikan Dasar (Diksar) di Desa Cikoak Kabupaten Pesawaran sesuai dengan standar operasional Prosedur (SOP) yang berlaku. Termasuk penanganan medis saat ada peserta yang sakit.

Hal tersebut diungkapkan Ferdiansyah, Alumni Sosiologi 2001 yang juga alumnus Cakrawala Unila mewakili panitia Diksar. Menurutnya, diksar Cakrawala merupakan agenda rutin tahunan dan sistem pendidikannya juga sudah standar sesuai dengan SOP.

Karena itu, sambungnya, terkait peserta Diksar Aga Trias Tahta yang sempat terjatuh dua kali pada Kamis (26/9) dan Minggu (30/9) diduga kuat karena faktor kelelahan.

“Saat jatuh yang pertama sudah ada upaya penanganan medis dari panitia. Kemudian, saat persiapan pelantikan padaMiinggu pagi, korban jatuh lagi dan oleh panitia dievakuasi ke pemukiman warga. Setelah itu dibawa ke rumah sakit,” terang Ferdiansyah, Senin (30/9).

Sementara, salah satu panitia Diksar UKM Cakrawala Syntia Claudia mengatakan, target dari diksar tersebut agar para peserta mempunyai mental dan fisik yang kuat.

“Uji fisik seperti push up, sit up, ya standarlah. Jadi menguji mental dan fisik, misalkan mau ke gunung kita sudah siap,” tambahnya.

Ia mengaku, dirinya sempat bertemu dengan korban dengan kondisi yang sehat. Namun pada Kamis, korban sempat sakit. “Alhamdulillah sehat. Tapi pas hari kamis, dia sempat drop. Kalau riwayat penyakit, korban menuliskan tuli pada biodata yang ada di panitia,” imbuhnya.

Ia juga memastikan, setiap kegiatan yang diadakan Cakrawala pastinya ada surat izin. “Surat izin orang tua juga ada, dan ditandatanganin oleh orang tuanya,” tandasnya. (rur/kyd)

Baca Juga:   Masih Ada Siswa Konvoi Kelulusan, Begini Respon Kadisdikbud Lampung




  • Bagikan