Petahana Bukan Jaminan Dapat Rekom

  • Bagikan
FOTO ILUSTRASI INTERNET

RADARLAMPUNG.CO.ID – Partai Demokrat Lampung merencanakan membuka penjaringan bakal calon (Balon) kepala daerah dan wakil kepala daerah pada Januari 2020. Hal tersebut diungkapkan Sekretaris DPD Partai Demokrat Lampung Imer Darius, Rabu (1/1).

“Kita menunggu Juknis dari pusat untuk kepastian tanggalnya. Tapi, penjaringannya di Januari ini,” ucap Imer.


Imer melanjutkan, Demokrat bakal mengusung kader yang berpotensi menang dalam pilkada pada delapan daerah penyelenggara pilkada di Lampung. Baik itu kader internal, kader eksternal, maupun petahana.

Turunnya rekomendasi harus melewati serangkaian proses yang harus diikuti pendaftar.

“Demokrat akan mendahulukan kader internal. Tapi, harus juga berdasarkan hasil survei yang kita lakukan. Kita juga tentunya ingin melihat sejauh mana potensi kemenangan melalui elektabilitas, kapabilitas, dan popularitas balon itu sendiri,” ucapnya.

Baca Juga:   Digantikan Sutono, Bagaimana Nasib Mingrum Gumay di DPRD Lampung?

Di Lampung, dari delapan daerah pada Pilkada tahun 2015, Demokrat menang di empat daerah. Yakni Pesawaran, Waykanan, Lampung Timur, dan Bandarlampung.

Untuk Pesawaran dan Waykanan, Demokrat berhasil mendudukkan kadernya menjadi Bupati. Sementata di Lampung Timur dan Bandarlampung sebagai wakil. Namun, dalam perjalanannya, di Lampung Timur kader Denokrat menjadi Bupati lantaran Kepala Daerah sebelumnya menjadi Wakil Gubernur.

Imer bilang, petahana memang bakal diprioritaskan. Namun melihat kembali kesiapan para kader internal tersebut. “Prioritas ya, kalau pasti belum tentu. Bergantung kesiapan masing-masing kader dalam proses dan syarat pencalonan,” ucapnya.

Sementara, Ketua DPC Partai Demokrat Bandarlampung Budiman AS mengatakan, terkait penjaringan pihaknya saat ini masih menunggu juknis dari DPP. “Tentunya nanti DPP akan menginformasikan melalui DPD. Jika sudah turun, kita langsung action, ” ucapnya. (abd/sur)





Baca Selengkapnya...





  • Bagikan