Petakan Kebutuhan Sarana Pendukung di Lokasi Wisata

  • Bagikan
Silaturahmi antara Pemkab Pesawaran dengan para pelaku usaha zona Timur di aula Pantai Sari Ringgung, Rabu (24/7). FOTO FAHRURROZI/RADARLAMPUNG.CO.ID
Silaturahmi antara Pemkab Pesawaran dengan para pelaku usaha zona Timur di aula Pantai Sari Ringgung, Rabu (24/7). FOTO FAHRURROZI/RADARLAMPUNG.CO.ID

radarlampung.co.id – Pemerintah Kabupaten Pesawaran memetakan kebutuhan infrastruktur desa-desa yang memiliki destinasi wisata. Termasuk usulan peningkatan jalan hotmix dan sumber air untuk wisata kebun jeruk di Desa Batanghari Ogan, Kecamatan Tegineneng.

“Terkait kebun petik jeruk di Desa Batanghari Ogan, sudah masuk dalam destinasi prioritas yang akan kami usulkan dalam program. Apakah melalui APBD, CSR atau ADD,” kata Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona di sela silaturahmi dengan pelaku usaha di Pantai Sari Ringgung, Rabu (24/7).

Menurut dia, dari 144 desa di Pesawaran, yang sudah mengaplikasikan program one village one destination sebanyak 42 desa. Dari jumlah itu, hampir setengahnya terkendala akses jalan menuju lokasi wisata.

“Termasuk di Desa Sungai Langka, Bogorejo, dan Bayasjaya. Kita memang harus berinovasi. Tidak bisa hanya mengandalkan APBD. Bisa melalui CSR atau pengelola, termasuk dana desa,” sebut dia.

Sebelumnya, Kepala Desa Batanghari Ogan Indra Gunawan berharap Pemkab Pesawaran dapat memperbaiki akses jalan menuju wisata kebun jeruk. Di mana, akses sepanjang sekitar satu kilometer tersebut masih onderlag.

Pemerintah juga diharapkan memberikan bantuan alsintan untuk mencukupi kebutuhan air di perkebunan jeruk. (ozi/ais)




  • Bagikan