Petakan Potensi Desa di Lambar Menuju Desa Maju Berbasis Digital

  • Bagikan
Salah satu desa di Lampung Barat yang dipetakan menuju desa maju berbasis digital oleh tim dosen dari Fakultas Teknik Elektro, Teknik Sipil, dan MIPA Unila. Foto dok tim dosen pengabdian Unila

Oleh:
– Ing. Hery Dian Septama, S.T.
– Muhamad Komarudin, S.T., M.T.
– Dr. Lusmeilia Afriani, D.E.A.
– Rico Andrian, S.Si., M.Kom.

Fakultas Teknik Elektro, Fakultas Teknik Sipil, dan FMIPA Unila


KESENJANGAN pembangunan di Indonesia sampai saat ini masih terjadi. Kondisi itu terjadi baik antarwilayah maupun antarkota dan desa. Kesenjangan yang terjadi antarkota dan desa juga dalam hal teknologi informasi dan komunikasi.

Desa digital, terang Ing. Hery Dian Septama, S.T., merupakan salah satu program untuk mengurangi kesenjangan arus informasi yang terjadi di desa tersebut. ’’Konsep desa digital merupakan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi yang terintegrasi dalam pelayanan publik dan kegiatan perekonomian,” bebernya.

Terkait itu, ia bersama tiga dosen Unila lainnya yaitu Muhamad Komarudin, S.T., M.T., Dr. Lusmeilia Afriani, D.E.A., dan Rico Andrian, S.Si., M.Kom. melakukan pemetaan potensi desa pada Kabupaten Lampung Barat sekaligus pembuatan peta jalan menuju desa digital. Tujuan dengan adanya desa digital ini, pelayanan publik dapat meningkat dan pemberdayaan ekonomi masyarakat menjadi berkembang.

Pemetaan ini pun fokus pada kondisi dan potensi desa menuju desa digital. Harapannya dengan penerapan desa digital, teknologi informasi dan komunikasi akan menjadi katalisator untuk mempercepat pelayanan publik dan pemberdayaan ekonomi masyarakat.

Dengan demikian, Kabupaten Lampung Barat khususnya akan terus berkembang dan makin jauh dari gambaran daerah tertinggal.

Manfaatnya tersedianya hasil pemetaan kondisi dan potensi desa yang ada di Kabupaten Lampung Barat dan peta jalan untuk mencapai desa digital. Ada pun prospeknya tersedianya peta jalan untuk mempercepat terwujudnya desa digital di Kabupaten Lampung Barat.

Peta jalan ini sendiri tentu bisa dimanfaatkan oleh Pemerintah Kabupaten Lampung Barat guna mempercepat implementasi desa digital dalam kurun waktu tertentu. Percepatan terutama bisa dilakukan pada desa yang sesuai pemetaan sudah lebih siap.

Kesiapan diukur baik dari sisi infrastruktur maupun perangkat dan warga desa setempat yang mendukung terealisasinya desa digital. (rim)





Baca Selengkapnya...





  • Bagikan