Petani Berjaya Jadi Program Unggulan Lamtim Tahun 2022

  • Bagikan
Bupati Lamtim menyerahkan program 2022 kepada Sekprov Lampung pada Musrebang tingkat Kabupaten. FOTO PROTOKOL LAMTIM

RADARLAMPUNG.CO.ID – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Timur siap mensinergikan program pembangunan tahun 2022 dengan program Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung. Hal ini disampaikan Bupati Lampung Timur M. Dawam Raharjo pada Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat kabupaten, Rabu (31/3).

Menurutnya, mayoritas masyarakat Lamtim adalah petani. Karenanya, tagline program pembangunan di masa kepemimpinan Dawam-Azwar adalah rakyat Lamtim berjaya. Antara lain dengan program unggulan petani berjaya. “Program tersebut diharapkan dapat selaras dengan program pemerintah pusat dan provinsi dengan peningkatan produktivitas pertanian, perkebunan, peternakan, dan perikanan,” ujar Dawam dalam acara yang digelar di Aula Sekretariat Kabupaten Lamtim.


Dilanjutkan, selain bidang pertanian, pembangunan infrastruktur juga menjadi prioritas. Pasalnya, tingkat kemantapan jalan yang menjadi kewenangan kabupaten baru mencapai 61,17 persen. Kemudian, jalan tidak mantap 38,83 persen atau kurang lebih 732,8 Km jalan kondisi rusak.

Baca Juga:   Turun Ke Level 2 PPKM, Lamtim Kembali Buka Objek Wisata

“Ke depan ruas jalan yang rusak akan diperbaiki secara bertahap sesuai dengan kemampuan anggaran yang ada,” lanjut Dawam pada acara yang juga dihadiri Sekretaris Provinsi Lampung Fachrizal Darminto.

Program lainnya adalah mengubah wajah Kota Sukadana sebagai Ibu kota kabupaten dengan berbagai pembangunan yang akan dilakukan dengan konsep pembangunan landmark yang akan dinikmati akhir tahun 2021.

Sedangkan, rancangan sasaran pokok pembangunan daerah tahun 2022 antara lain pertumbuhan ekonomi, IPM, Tingkat Kemiskinan, tingkat pengangguran terbuka harus menurun, tingkat kemantapan jalan 65 persen dan opini BPK laporan keungan mendapat WTP.

Sementara untuk pendapata daerah tahun 2022 diproyeksikan Rp2,144 triliun. Itu antara lain bersumber dari Pendapat Asli Daerah (PAD) Rp164,7 milliar, pendapatan Transfer Rp1,86 triliun dan lain-lain pendapatan daerah yang syah Rp 115,11 miliar.

Baca Juga:   Update Covid-19 Lamtim,  5.164 Pasien Sembuh

Kesempatan yang sama Sekprov Lampung Fachrizal Darminto menyatakan, Rakyat Lampung Timur berjaya merupakan program yang singkron dengan program pemerintah provinsi Lampung. Yaitu, Rakyat Lampung Berjaya.

“Dengan keselarasan program tersebut diharapkan ke depan pembangunan dikabupaten Lampung Timur akan semakin baik,” kata Fachrizal.

Ditambahkan, Lampung Timur merupakan kabupaten yang menghasilkan produksi pertanian terbesar ke dua setelah Lampung Tengah. Karenanya, ke depan diharapkan peningkatan investasi dan nilai jual pertanian akan semakin meningkat.

Kesempatan yang sama Kepada Bappeda Kabupaten Lampung Timur Puji Riyanto mengatakan, Musrenbang ini sebagai bahan acuan untuk menyusun rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) tahun 2022. “Semoga semua saran dan masukan yang dihasilkan dari musrenbang hari ini dapat membuat lampung Timur semakin baik dan rakyatnya semakin berjaya,” katanya. (wid/sur)




  • Bagikan