Petani Lamtim Akui Keberhasilan Program Pertanian Ridho-Bachtiar

  • Bagikan

radarlampung.co.id – Dalam kunjungannya ke Dusun 6 Desa Banjar Rejo, Kecamatan Batang Hari, Calon Gubernur Lampung M Ridho Ficardo, diminta masyarakat untuk tetap melanjutkan program-program strategisnya dalam bidang pertanian.

Hal ini karena dalam kurun waktu 3 tahun, program yang digulirkan calon petahana ini dirasakan sangat menyentuh kalangan petani di Bumi Ruwai Jurai.

Seperti yang disampaikan Paini (55), warga Desa Banjar Rejo mengaku, berkat perbaikan irigasi dan program pertanian lainnya, masyarakat desa yang banyak bekerja sebagai petani padi merasakan adanya peningkatan.

“Alhamdulillah selama kepemimpinan Ridho, sekarang ini hasil panen meningkat karena air yang mengaliri sawah lancar, pupuk juga lancar. Berkat perbaikan irigasi dan program pertanian lainnya. Kami hanya bisa mendukung dan berdoa agar Ridho bisa tetap memimpin provinsi tercinta ini,” ungkap Paini, saat berdialog langsung dengan calon Nomor Urut 1 tersebut.

Baca Juga:   Survei IPRC, Publik Puas dengan Kinerja Ridwan Kamil Tangani Pandemi

Sementara itu, Lesmana Iqbal Permana (25), Ketua Paguyuban Petani Lele Lampung Timur, dari Desa Batang Hari, mewakili petani lele wilayah lainnya, menyampaikan, beberapa harapan kepada Ridho Ficardo kedepan.

“Harapan kami sebagai pengusaha lele ini tidak hanya menjual produknya ke pedagang warung tenda, tapi dengan kemasan yang menarik dapat dijual ke supermarket dalam bentuk filet, abon dan lainnya,” ujar Lesmana.

Dalam nenanggapi hal itu, Ridho menyatakan bahwa industrialisasi dan hilirisasi produk-produk asli daerah Lampung menjadi salah satu perioritas kebijakan strategis pembangunan di Lampung.

Sehingga apa yang diharapkan oleh para petani khususnya petani lele ini sudah sejalan dengan arah pembangunan yang diusung selama dirinya memimpin sebagai Gubernur Lampung.

Baca Juga:   DPD Partai Golkar Dukungan Airlangga Maju Pilpres, Begini Kata Sekjen DPP

“Insya Allah kita bantu, silahkan teman-teman buat proposalnya, pada bagian mana pemerintah provinsi bisa membantu, nanti akan kita koordinasikan bersama. Agar kedepan, petani lele dari provinsi lampung memiliki nilai lebih dari produknya hingga menjadi kebih sejahtera lagi,” jawab Ridho, yang disambut gembira masyarakat setempat.

Tidak jauh berbeda, Abdul Muin (60), Ketua Gapoktan Maju Bersama, Batang Hari, Lampung Timur, juga ikut menyatakan hal yang sama. Bahwa semenjak Ridho menjabat gubernur, produksi pertanian terutama padi terus meningkat.
“Untuk itu atas semua bantuan yang diberikan Pak Ridho, mulai dari perbaikan irigasi, bantuan bibit, pupuk, alat-alat pertanian, hingga sumur bor, kami mengucapkan banyak terimakasih, semoga pak ridho dapat terus memimpin lampung,” jelas Abdul.
Selain itu, karena bantuan yang digulirkan Ridho Ficardo tersebut, panen petani saat ini makin melimpah, dan kalau panen bersamaan, akibatnya kesulitan mencari orang untuk bantu panen.
“Jika Pak Ridho berkenan, kami mohon bantuan alat panen atau harvester,” pinta Abdul.
Menjawab hal itu, Ridho menyatakan siap membantu seluruh harapan dan masukan dari para petani.
“Saya sudah pernah berucap, kalau untuk petani gak pakai lama. Nanti kita segera koordinasi dengan tim percepatan pertanian provinsi untuk segera ditindak lanjuti. Kalau untuk kemajuan pertanian lampung pasti saya dukung,” ungkap Ridho.(NN)





  • Bagikan