Petani Senang Bisa Rasakan Manfaat Bantuan Alsintan

  • Bagikan

RADARLAMPUNG.CO.ID – Bantuan Kementrian Pertanian (Kementan) berupa unit Alat Mesin Pertanian (Alsintan), memberi manfaat positif untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas pertanian di Lampung. Pengakuan ini salah satunya datang dari Ketua Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) Lampung Tengah Supardi.

Pemberian alsintan, kata dia, telah membantu para petani dalam proses pengelolaan. “Alhamdulillah mas. Kami waktu lalu sudah menerima bantuan Alsintan dari Kementrian Pertanian, dan itu telah mambantu para petani untuk mengelola hasil panen,” ujarnya, Rabu (5/5).
Dia menyebut, bantuan Alsintan itu berupa alat kontraktor dan unit potong padi. Secara otomatis, bantuan sejumlah Alsintan itu membuat kualitas dan kuantitas hasil pertanian meningkat.

“Tentunya hasil panen meningkat, dan alhamdulillah Alsintan yang sudah diberikan memberi manfaat untuk kami para petani yang menerimanya,” kata dia.

Baca Juga:   Teknologi dan Inovasi Sektor Keuangan Mewujudkan Green Economy

Pria yang akrab disapa Pardi ini berharap, kedepan program Kementrian Pertanian dalam membantu para petani dengan memberikan Alsintan dapat dipertahankan, dan lebih dimaksimalkan kembali.

Sebelumnya, Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengatakan, ada dua kategori penerima bantuan alsintan. Kategori pertama adalah masyarakat yang merupakan Kelompok Tani (Poktan), Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan), usaha pelayanan jasa alsintan (UPJA), Koporasi Petani, dan Kelomppok Usaha Bersama (KUB), serta masyarakat tani.

“Kategori kedua adalah Pemda Provinsi, Kabupaten/Kota dan Korem/Kodim. Untuk itu, sebelum mengajukan bantuan Alsintan, kami akan pastikan petani sudah termasuk ke dalam dua kategori tersebut,” ujar Syahrul.

Menurutnya, hal tersebut penting dilakukan, sehingga peralatan mesin pertanian yang dibutuhkan dapat terpenuhi dengan baik. Selain itu, juga untuk memastikan alsintan yang diberikan benar-benar dimanfaatkan.

Baca Juga:   Pembangunan SDM dan Digitalisasi Jadi Kendaraan Menuju Ekonomi Baru

“Karena bantuan alsintan umumnya hanya akan diberikan kepada petani yang berkontribusi aktif terhadap peningkatan hasil pertanian untuk bangsa Indonesia,” tutup Mentan. (rls)



  • Bagikan