Petugas Pengamanan Rutan Kotaagung Tes Urine dan Diberikan Penguatan


Kepala Kesatuan Pengamanan Boy Naldo beserta petugas pengamanan Rutan Kelas IIB Kotaagung foto bersama usai melaksanakan tes urine. FOTO DOKUMEN RUTAN KELAS IIB KOTAAGUNG

RADARLAMPUNG.CO.ID – Kepala Kesatuan Pengamanan beserta 18 orang petugas Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Kotaagung, mengikuti tes urine guna memastikan terbebas dari jeratan narkotika, Jumat (25/3).

Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan Kelas IIB Kotaagung Boy Naldo mewakili Kepala Rutan Akhmad Sobirin Soleh menjelaskan, kegiatan ini salah satu langkah untuk menjaga komitmen petugas pengamanan.





Yakni menciptakan Rutan yang Bersinar (bersih dari narkoba) dan turut serta dalam program P4GN  (Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba).

“Ini adalah komitmen bersama pegawai Rutan Kotaagung, khususnya petugas pengamanan untuk memberantas peredaran dan penyalahgunaan narkoba semua jenis. Dimulai dari diri sendiri,” jelas boy.

Lebih lanjut Boy Naldo menjelaskan, dari hasil tes urine yang dilaksanakan, seluruh petugas dinyatakan negatif narkoba.

Dirinya mengharapkan, para petugas pengamanan sebagai garda terdepan dapat memberikan pelayanan yang terbaik untuk warga binaan Pemasyarakatan (WBP) Rutan Kotaagung.

Pihak Rutan siap mendukung semua program pemerintah terhadap pemberantasan narkoba, di luar atau dalam rutan.

Selain pelaksanaan tes urine, Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan Kotaagung juga memberikan pengarahan penguatan tugas dan fungsi petugas pengamanan.

Diharapkan seluruh petugas pengamanan dapat melaksanakan tugas sesuai dengan Undang-Undang Nomor 12/1995 tentang Pemasyarakatan, Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 29/2017 tentang Tata Tertib Lembaga Pemasyarakatan dan Rumah Tahanan serta Peraturan Menter Hukum dan HAM Nomor 33/2015 tentang Pengamanan Pada Lembaga Pemasyarakatan dan Rumah Tahanan Negara. (ehl/ais)