PGN Sosialisasikan Pemasangan Jargas

  • Bagikan
PGN Area Lampung menggelar kegiatan sosialisasi pemasangan jargas, Senin (26/8). Foto Elga Puranti/radarlampung.co.id

radarlampung.co.id PT Perusahaan Gas Negara (PGN) Area Lampung kembali menggelar Sosialisasi Rencana Pembangunan Jaringan Gas Rumah Tangga Tahun 2020 Kota Bandarlampung, Senin (26/8). Kali ini, kegiatan sosialisasi bertempat di Kelurahan Pelita, Bandarlampung.

Humas PGN Area Lampung – Sumatera Selatan Heru Prasetyo mengatakan, dalam sosialisasi tersebut, pihaknya menjelaskan beberapa hal terkait tata cara awal dalam berlanganan jaringan gas bumi (Jargas) tersebut.

“Disini kita menjelaskan terkait dengan hal-hal yang nantinya menjadi fokus pelanggan, supaya itu bisa termonitor dengan baik. Salah satunya mengenai tata cara awal dalam berlangganan jargas ini,” katanya kepada Radarlampung.co.id.

Dia juga menegaskan bahwa saat ini program pemasangan Jargas memang benar-benar menggunakan dana APBN. Dimana setiap calon pelanggan tidak perlu mengeluarkan dana terkait dengan proses konstruksi pemasangan pipa.

Disamping itu, dijelaskan pula tata cara safety dalam penanganan termasuk kemana pelanggan, serta proses pelaporan jika terjadi kebocoran. “Kita beri tahu juga tentang apa yang harus dilakukan pelanggan untuk memastikan agar tidak terjadi kebocoran,” tambahnya.

Sambung dia, meski proses konstruksi dipastikan free, namun perlu diketahui bahwa untuk tagihan setelah munculnya Perjanjian Jual Beli Gas (PJBG) antara PGN dan pelanggan di bulan pertama tersebut sudah menjadi kewajiban pelanggan.

Artinya sejak bulan pertama, pelanggan sudah harus melakukan pembayaran sesuai dengan pencatatan meter yang telah dilakukan oleh personil PGN. “Jadi saya tegas bahwa tidak benar ada kabar yang beredar, nantinya tiga bulan pertama (penggunaan jargas, red) itu gratis. Itu tidak benar,” tandasnya.

Selain itu, dia juga menyampaikan bahwa untuk saat ini, kompor sendiri tidak termasuk dalam proyek pemasangan jargas. Sehingga, konsumen harus menyediakan kompor sendiri. “Kecuali nanti ada perubahan dari Kementerian SDM bahwa kompor ini include, tapi untuk sekarang memang tudak,” tambahnya.

Pembayaran tagihan jargas sendiri bisa dilakukan melalui gerai Alfamart, Indomaret ataupun aplikasi online yang ada di ponsel. Seperti Tokopedia dan Dana, serta melalui internet banking. (ega/kyd)


Baca Juga:   HaloBCA, Hadir untuk Hindarkan Nasabah Dari Akun Palsu


  • Bagikan