Pilkades Lampura Tidak Ada Lawan Kotak Kosong

  • Bagikan

 

RADARLAMPUNG.CO.ID – Tak ada calon kepala desa (Kades) di Pilkades Kabupaten Lampung Utara (Lampura), melawan kotak kosong.



Kepastian itu datang dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD), setelah melalui serangkaian verifikasi sampai ditentukan sebagai calon.

Yakni Desa Malungun Ratu, Kecamatan Sungkai Tengah karena salah satu cakades tak melengkapi kekurangan persyaratan berkas.

Serta di Desa Pagar Gading, Kecamatan Blambangan Pagar akibat dari salah satu calon meninggal dunia sebelum ditetapkan.

“Jadi di satu desa (Malungun Ratu) karena tak melengkapi berkas sebelum ditetapkan dari keseluruhan dua calon, serta satunya lagi akibat meninggal dunia,” kata Kepala DPMD Lampura, Abdurrahman didampingi Kabid Pemdes, Ismirham Adi Saputra, Selasa, (30/11).

Sehingga, dari dua calon masing-masing yang maju dalam pelaksanaan pesta demokrasi tersebut tak ada melawan kotak kosong. Atau keduanya gagal mengikuti pelaksanaan pilkades serentak 2021 yang akan digelar awal bulan depan tersebut.

“Jadi tidak ada yang melawan kotak kosong disini, seperti ada di daerah lain di Lampung. Seperti Lamsel, karena dia gugur sebelum ditetapkan sebagai calon atau masih balonkades,” timpal Kabid Pemdes, Ismirham Adi Saputra.

Sesuai dengan peraturan Bupati terbaru, maka keduanya dianggap gagal dan akan dicarikan pengganti sampai batas waktu nanti dilaksanakan pilkades ulang.

“Perintah Perbupnya begitu, ya kita ikut aturanlah. Ya kita terapkan saja,” kata dia.

Informasi dikumpulkan dilapangan, balonkades asal Desa Malungun Ratu itu, salah satunya berasal dari incumbent melawan musuhnya yang masih terhitung kolega dilingkup Pemdes setempat. Dan saat ini dijabat Plt, yaitu sekdes dari incumbent. Sehingga dinilai masyarakat syarat akan muatan politik.

“Ya perbupnya demikian, kita hanya menjalankannya dilapangan. Calonnya incumbent dan sekdesnya, “tambah Camat Sungkai Tengah, Idris. (ozy/yud)






  • Bagikan