Pilkakon Sisakan Masalah, Calon Kapekon Datangi DPRD Tanggamus

  • Bagikan
Calon kepala pekon menyampaikan keberatan mengenai penghitungan suara sah dan tidak sah dalam pertemuan dengan DPRD Tanggamus, Senin (28/12). FOTO RIO ALDIPO/RADARLAMPUNG.CO.ID

RADARLAMPUNG.CO.ID – Puluhan calon kepala pekon (Kapekon) mendatangi gedung DPRD Tanggamus, Senin (28/12). Mereka yang didampingi pengacara menyampaikan sejumlah permasalahan dalam pemilihan kepala pekon beberapa waktu lalu.

Kedatangan para calon kapekon ini diterima Ketua DPRD Tanggamus Heri Agus Setiawan, Wakil Ketua II Tedi Kurniawan, Wakil Ketua III Kurnain, Ketua Komisi I Mukhtar dan sejumlah anggota.

Juru bicara perwakilan calon kepala pekon Deri Ardiansyah menyampaikan, peraturan dalam pilkakon dibuat multitafsir. Kemudian kurangnya sosialisasi hingga ketidaksiapan panitia pilkakon tingkat pekon.

“Pilkakon di Tanggamus adalah yang terbesar tahun 2020. Tapi sayang tidak dilaksanakan dengan hati-hati. Akhirnya banyak permasalahan yang muncul,” kata Deri.

Dalam pertemuan tersebut, ia menyampaikan permintaan agar kertas yang tercoblos simetris tidak sengaja bisa disahkan. “Itu hak konstitusional dari masyarakat,” tegasnya.

Baca Juga:   Update Covid-19 Tanggamus, Bertambah Lima Kasus Baru

Supardi, calon Kapekon Purwodadi, Kecamatan Gisting menilai pelaksanaan pilkakon tahun 2020 buruk.

“Kurang sosialisasi, tidak terkoordinasi antara TPS satu dengan TPS lain. Sebagai bentuk protes, saya sudah layangkan gugatan ke panitia pemilihan tingkat pekon, BHP dan kabupaten,” sebut Supardi.



  • Bagikan