Pilu, Begini Cerita Warga Terdampak Puting Beliung Tulangbawang

  • Bagikan
Yono bercerita kepada Wakapolda Lampung Brigjen Sudarsono saat melakukan tinjauan. FOTO M. ZAINAL ARIFIN/RADARLAMPUNG.CO.ID

RADARLAMPUNG.CO.ID – Bencana angin puting beliung yang menerjang dua kecamatan di Tulangbawang menyisakan banyak cerita duka.

Seperti diceritakan Yono (40), warga Kampung Tri Tunggal Jaya, Kecamatan Banjaragung.


Dia bercerita detik-detik angin puting beliung menerjang perumahan warga di kampung kampungnya. Menurutnya, peristiwa tersebut bermula saat hujan lebat disertai angin kencang yang terjadi sejak Rabu siang (20/5).

“Angin datang tiba-tiba mas, dari arah selatan menuju utara. Kita tidak ada lagi kesempatan mengamankan barang-barang. Yang dipikirkan hanya menyelamatkan diri dan keluarga,” katanya saat ditemui radarlampung.co.id, Kamis (21/5). Peristiwa tersebut terjadi sekira pukul 13.30 WIB.

Dilanjutkannya, angin yang datang berwarna putih kehitaman menggumpal seperti gulungan ombak. “Jadi langsung menghempas gitu saja. Begitu kena tubuh dan barang barang, di kulit kita terasa seperti kena pasir,” ceritanya.

Baca Juga:   Korban Melawan, Pelaku Cabul IRT Berakhir di Jeruji Besi

Dia menjelaskan, saat peristiwa sebagian besar warga di kampungnya sedang istirahat di dalam rumah. Dia bersyukur rumahnya tidak begitu terkena dampak, namun rumah tetangganya porak-poranda rata dengan tanah.

“Saya lihat rumah tetangga saya langsung roboh begitu terkena angin. Tiga tetangga saya di dalamnya tertimpa bangunan karena belum sempat menyelamatkan diri,” ujarnya.

Namun dia bersyukur ketiganya selamat dan langsung dievakuasi warga lain.

“Isi rumah tersebut satu orang anak umur tujuh tahun, ibu dari anak berumur sekitar 35 tahun, dan mbah joyo nenek nenek berumur sekitar 70 tahun,” ungkapnya.

Saat ditemukan, posisi mbah joyo terduduk dengan paha kaki tertimpah kayu dan punggungnya tertimpah atap. “Sekarang masih dirawat di rumah sakit, patah tulang. Sementara anak dan ibunya alhamdulillah selamat,” jelasnya.

Baca Juga:   Vaksinasi Merdeka Polres Tulangbawang, Target 928 Pelajar

Diketahui, kampung Tri Tunggal Jaya menjadi wilayah paling parah terdampak puting beliung. Berdasarkan data dari BPBD Tulangbawang, sedikitnya 35 unit rumah rusak berat dan 123 lainnya rusak ringan. (nal/sur)

 




  • Bagikan