Pisang Mas Tanggamus Rambah Pasar Ekspor Singapura

  • Bagikan
Bupati Tanggamus Dewi Handajani, Plt. Asisten Bidang Ekobang Kusnardi dan perwakilan dari Kemenko Bidang Perekonomian, Kemenkop serta Kementan memecahkan kendi sebagai tanda pelepasan ekspor Pisang Mas ke Singapura. FOTO RNN

RADARLAMPUNG.CO.ID – Pisang Mas dari petani di Kecamatan Sumberejo, Tanggamus secara konsisten mampu menembus pasar internasional. Setelah sebelumnya merambah ke Tiongkok, komoditas tersebut masuk ke pasar ekspor Singapura.

Pelepasan ekspor perdana ke Singapura yang dipusatkan di packing house Pisang Mas Koperasi Tani Hijau Makmur Pekon Sumbermulyo, Kecamatan Sumberejo.


Kegiatan ini dihadiri pihak Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian serta Deputi Bidang Koordinasi Pangan dan Agribisnis. Hadir Wakil Menteri Pertanian Harvick Hasnul Qolbi dan dari Kementerian Koperasi Ahmad Zabadi.

Turut hadir Bupati Tanggamus Dewi Handajani, Wabup AM. Syafi’i, Bupati Bener Meriah Provinsi Aceh Dailami, Bupati Simalungun, Provinsi Sumatera Utara Rodiapoh Hasiholan; Bupati Kapahiang, Provinsi Bengkulu Hidayatullah Sjahid; Forkopimda Tanggamus, Plt. Asisten Bidang Ekobang Setprov Lampung Kusnardi dan jajaran kepala OPD Pemkab Tanggamus.

Baca Juga:   Jelang Nataru, Pos Penyekatan Kembali Diaktifkan

Corporate Affair PT Great Giant Pineapple (GGP) Welly Soegiono selaku mitra dari Koperasi Tani Hijau Makmur mengatakan, kawasan hortikultura komoditas pisang di Tanggamus sudah dimulai sejak tahun 2017. Hingga Agustus 2021, telah bermitra dengan 862 petani dengan total luasan lahan 432,49 hektare.

“Pisang Mas kualitas ekspor ini kolaborasi antara petani dengan PT GGP, Pemprov Lampung dan Pemkab Tanggamus. Kami dengan petani pisang ini sistemnya pendampingan. Bersama tenaga ahli, terus kami bimbing agar kualitas buah pisang yang dihasilkan bagus,” kata Welly.





Baca Selengkapnya...





  • Bagikan