PLN Ajak Masyarakat Berinovasi dengan FABA Melalui Lomba Desain Rumah Sehat 

  • Bagikan
Ilustrasi penggunaan listrik di rumah. Foto: Pixabay

RADARLAMPUNG.CO.ID – Lomba Desain Rumah Sehat, Terjangkau dan Ramah Lingkungan dari Material Fly Ash dan Bottom Ash (FABA) PLTU Batubara yang digelar PLN diperpanjang hingga 17 Juni 2021 dengan total hadiah dan bantuan implementasi mencapai Rp457 juta. Gelaran lomba tersebut dilakukan dalam rangka menyambut Hari Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia pada 5 Juni.

Executive Vice President Komunikasi Korporat dan CSR PLN Agung Murdifi mengatakan, gelaran lomba tersebut dimaksudkan untuk mendorong masyarakat menghasilkan karya inovasi dalam pemanfaatan FABA yang dinilai banyak memiliki kegunaan.

“Kami ingin mengajak dan mewadahi seluruh masyarakat untuk menghasilkan karya inovasi pemanfaatan FABA ini. Karena itu, kami perpanjang pendaftarannya,” ucapnya, Rabu (16/6).

Baca Juga:   Bantu Penanganan Covid-19 di Jatim, PLN Salurkan 12 Ton Oksigen

Dijelaskannya, lomba tersebut diselenggarakan untuk mendukung pemanfaatan FABA secara luas (masif) dan berlanjut, sehingga dapat mendukung program pemerintah, baik dalam pembangunan infrastruktur nasional dan daerah ataupun dengan UMKM serta kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR).

“Sehingga dapat membantu masyarakat kurang mampu untuk mendapatkan kehidupan yang layak dengan membangun rumah layak huni,” ucapnya.

Agung melanjutkan, lomba ini juga merupakan upaya PLN guna mendukung pemanfaatan FABA setelah diterbitkannya Peraturan Pemerintah RI No. 22 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, dimana FABA termasuk ke dalam Limbah Non B3 Terdaftar.

“Kami mengajak seluruh masyarakat untuk melahirkan karya inovasi dalam pemanfaatan FABA, khususnya untuk pembuatan tempat tinggal yang dapat membantu masyarakat kurang mampu mendapatkan rumah layak huni,” pungkasnya. (rur/rls/sur)




  • Bagikan