PLTP Sumsel 91,2 MW Beroperasi, Lampung Berikutnya

  • Bagikan
PLTP Sumsel 91,2 MW Beroperasi, Lampung Berikutnya. Foto ilustrasi/sumber foto iea.org

RADARLAMPUNG.CO.ID-Pembangkit Listrik Panas Bumi Rantau Dedap Muara Enim Lahat dan Pagaralam Sumatera Selatan Tahap-1 kapasitas 91,2 MW telah beroperasi. PLTP ini dibangun PT. Supreme Energy Rantau Dedap (SERD). SERD adalah perusahaan kerja sama PT. Supreme Energy, Marubeni Corporation, ENGIE serta Tohoku Electric Power.

Menurut Supramu Santosa, chairman PT Supreme Energy pembangunan proyek Rantau Dedap memiliki kesulitan tersendiri. Hal ini lantaran lokasi yang sulit dijangkau akibat medan terjal. Serta elevasi ketinggian 2.600 mdpl.



Kegiatan eksplorasi proyek dilangsungkan setelah penanda tanganan Perjanjian Jual Beli Listrik (PJBL) tahun 2012 hingga 2015. “Konstruksi yang dilakukan juga di tengah pandemi covid-19,” katanya dikutip dari detikcom.

Listrik dari PLTP ini akan disalurkan lewat jaringan transmisi PLN untuk mendukung kebutuhan listrik di pulau Sumatera. “Total investasi pengembangan USD 700 juta lebih,” jelasnya.

Supreme Energy sendiri memiliki dua proyek lain untuk suplai listrik di Sumatera. Yakni pengembangan Panas Bumi Muara Laboh Unit-2 80 MW. “Dan Eksplorasi PLTP Rajabasa 2×110 MW di Lampung,” katanya. Untuk di Provinsi Lampung eksplorasi tersebut dikelola PT Supreme Energy Rajabasa dan tengah menunggu penyelesaian Amandemen PJBL dan PT.PLN. (dtc/wdi)






  • Bagikan