Pohon Tumbang Sebabkan Listrik Padam


RADARLAMPUNG.CO.ID – Derasnya Hujan disertai angin kencang di Kota Bandarlampung menyebabkan beberapa kejadian di kota Tapis Berseri, salah satunya 1 Pohon tumbang dan Listrik sempat Padam.

Pohom tumbang itu terjadi di Jl. Diponegoro depan SPBU, Kelurahan Gulak Galik,Kecamatan Telukbetung Utara.Bandarlampung.Kejadian tersebut sekitar pukul 16.40 wib.





Bripka Mirta Oktavani,Bhabinkamtibmas Kelurahan Gulak Galik,Polsek TBU membenarkan hal tersebut.Ia menyampaikan sekitar pukul 16.40 wib disaat hujan deras disertai angin kencang telah terjadi pohon tumbang. “Disaat hujan lebat dan angin kencang terjadi satu buah pohon tumbang jalan Diponegoro depan SPBU, Kelurahan Gulak Galik,Kecamatan Telukbetung Utara, Bandarlampung. Kejadian tersebut sekitar pukul 16.40 WIB, tepatnya didekat bengkel gandol depan Pangkalan pasir,” kata Bripka Mirta

Lebih rinci,Bripka Mirta menyampaikan bahwa pohon tumbang merupakan pohon kecil,hanya ranting ranting yang patah. “Pihak BPBD Bandarlampung telah mengevakuasi pohon tersebut,beruntung pada saat kejadian tidak ada korban jiwa,” jelas dia.

Baca Juga:   KWRI Bandarlampung Gelar Halal Bihalal Sekaligus Susun Pogram Kerja

Senada dengan dia, Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Bandarlampung ,Sutarno melalui Komandan Pleton (Danton)BPBD Bandarlampung, Omar Dhani menambahkan bahwa tim BPBD Bandarlampung gerak cepat mengevakuasi Pohon Tumbang. “Kami mendapat laporan dari sadara Akbar TON A, warga Jl. Diponegoro Depan SPBU, Kel. Gulak Galik, KecamatanTeluk Betung Utara, Kota Bandarlampung bahwa ada pohon tumbang,dengan cepat kami menuju lokasi tersebut,” jelas Omar

Lebih rinci, Omar juga menyampaikan bahwa
BPBD Bandarlampung telah mengevakuasi Pohon Tumbang,berjenis¬† Pohon Kedondong Hutan, Berdiameter kurang lebih 60 cm. “Kami (BPBD Bandarlampung) telah mengevakuasi pohon tersebut oleh Tim Rescue dengan aman dan jumlah personil 5 Orang. Beruntung tidak ada korban jiwa,” ucapnya.

Hujan lebat dan angin kencang di Kota Tapis berseri ini juga menyebabkan listrik Padam disejumlah wilayah kota Bandarlampung salah satu Perumahan Rajabasa Permai.

Baca Juga:   Komisi I Pertanyakan Adanya Honorer DPMPTSP dengan Gaji Melewati Kaban

Rina warga Perumahan Rajabasa Permai membenarkan bahwa saat hujan lebat dari pukul 16.40 wib – 17. 30 wib sudah dua sampai tiga kali terjadi pemadaman listrik yakni jam 16.40 wib sekitar 10 menit,jam 17.30 wib sekitar 10 menit.”Padahal saya mau masak untuk buka puasa terpaksa pakai listrik emergency untuk penerangan di dapur saya,” ucapnya

Sementara saat dikonfirmasi, Asisten Manager Komunikasi PLN Unit Induk Distribusi (UID) Lampung,Darma Setiawan membenarkan hal tersebut.Ia menyampaikan bahwa
Mati lampu karena cuaca ekstrim ada dua hal.Yakni Tidak disengaja dipadamkan, itu akibat gangguan yang disebabkan karena beberapa hal diantaranya petir, pohon tumbang, ranting pohon menyentuh jaringan listrik, dan angin kencang yg menyebabkan jaringan terganggu.

Lalu, Sengaja dipadamkan, secara prosedur jika dikhawatirkan membahayakan, contoh banjir. “Namun kejadian pada Rabu (27/4) sore. Saya belum mengetahui pasti alasan pemadaman listrik apakah sengaja atau tidak sengaja dipadamkan karena dirinya sudah berpergian mudik lebaran ke jawa,” jelas Darma saat dihubungi sambungan telepon radarlampung.co.id pada Rabu (27/4).

Baca Juga:   Komisi I Ingatkan Pemkot Terkait Wacana Peniadaan Tenaga Honorer

Darma pun menghimbau kepada masyaraka jika terjadi cuaca ekstrim seperti hujan angin, banjir dan lainnya.Sebaiknya, hindari tempat yang berpotensi terjadinya hubung singkat atau tersetrum seperti dibawah tiang listrik atau gardu listrik saat petir. Lalu, Naikkan peralatan listrik ketempat lebih tinggi jika terjadi banjir

Kemudian, Matikan listrik dari sumbernya yaitu termis/mcb jika air mulai meninggi. “Dan Segera hubungi Petugas PLN melalui aplikasi PLN Mobile dan Contact Center,” jelasnya.

Dari pantauan Radarlampung.co.id hingga pukul 19.42 wib hujan deras masih terjadi di Kota Bandarlampung. (gie/ang)