Poktan Diimbau Perbaiki Kerusakan Ringan Saluran Irigasi

  • Bagikan
Kelompok tani di Tanggamus diharapkan bisa memperbaiki kerusakan irigasi tersier yang ringan. FOTO HANIBAL BATMAN/RADARLAMPUNG.CO.ID

radarlampung.co.id – Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Tanggamus mengimbau kelompok tani (poktan) memperbaiki saluran irigasi tersier yang rusak ringan. Langkah ini dilakukan agar produktifitas padi tidak terganggu.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Tanggamus Catur Agus Dewanto melalui Sekretaris Hasanuddin mengatakan, saluran tersier atau yang umum disebut saluran cacing, merupakan saluran irigasi yang langsung mengaliri persawahan. Mengingat pentingnya fungsi irigasi tersebut, jika ditemukan kerusakan yang sifatnya ringan dan masih bisa ditangani oleh poktan, agar dilakukan perbaikan.

“Jika memang kerusakan skala ringan dan masih bisa diperbaiki oleh poktan, agar kiranya diperbaiki terlebih dahulu oleh kelompok tersebut. Tetapi jika kerusakan tersebut sudah berat, hendaknya poktan membuat proposal ke kami. Nantinya akan ditindaklanjuti ke provinisi atau pusat,” kata Hasanuddin.

Baca Juga:   BPBD Lambar Imbau Warga Waspada Cuaca Ekstrem

Hasanuddin menerangkan, proses usulan pembangunan maupun perbaikan irigasi cacing, DTPH membuat surat tembusan kepada provinsi. Namun untuk pengajuan proposal, pihaknya langsung ke pusat, dalam hal ini ke Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (Dirjen PSP).

“Jika proposal tersebut disetujui, Dirjen PSP akan memberikan wewenang kepada DPTPH Lampung untuk merealisasikannya ke kabupaten. Tapi tidak semua usulan yang kita ajukan disetujui. Misalnya, kita mengajukan lima ribu hektare, bisa saja yang disetujui hanya 1.500 hektare. Nah, angka ini yang akan diturunkan ke provinsi dan diteruskan ke kita,” urainya.

Usulan pembangunan irigasi seperti ini memang telah menjadi program setiap tahun. Itu sangat membantu maju atau tidaknya produktifitas pertanian di daerah. “Tahun lalu juga pernah kita usulkan perbaikan irigasi yang menjadi kewenangan kita,” ujarnya. (iqb/ehl/ais)





  • Bagikan