Polhut-Tentara Sita Ratusan Kayu Sonokeling Dari Register 39

  • Bagikan
Kepala KPH Kotaagung Utara Didik Purwanto dan Komandan Koramil 424-2/Wonosobo Kapten Inf. Adi Hartono menunjukan kayu Sonokeling hasil pembalakan yang ditemukan di kawasan hutan lindung Register 39 Kotaagung Utara, saat ekspose Selasa (16/3). FOTO RIO ALDIPO/RADARLAMPUNG.CO.ID

RADARLAMPUNG.CO.ID – Tim gabungan polisi kehutanan (Polhut) dari Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Kotaagung Utara bersama personel Koramil 424-02/Wonosobo menemukan ratusan batang kayu Sonokeling. Diduga hasil pembalakan liar di Petak 80-81, hutan lindung Register 39 Kotaagung Utara.

Kepala KPH Kotaagung Utara Didik Purwanto mengatakan, ratusan kayu Sonokeling tersebut ditemukan saat polhut bersama personel Koramil melakukan patroli di Register 39 yang berbatasan dengan Pekon Atarlebar, Kecamatan Bandarnegeri Semuong pada 9 Maret 2021.


“Kami patroli bersama dengan personel TNI dari tanggal 8 Maret 2021. Kayu Sonokeling itu ditemukan pada 9 Maret 2021,” kata Didik saat ekspose di Makodim 0424/Tanggamus, Selasa (16/3).

Didik yang didampingi Danramil Wonosobo Kapten Inf. Adi Hartono mengungkapkan, awalnya hanya ditemukan beberapa potongan.

Baca Juga:   Diduga Korupsi Dana Hibah, Oknum Wakil Ketua DPRD Lamtim Ditahan

Setelah ditelusuri, ternyata ada banyak. Kayu sengaja dipecah, bahkan ada yang ditutupi dedaunan agar tidak terlihat. “Ini kalau dihitung, jumlahnya sekitar 300 batang,” sebut dia.

Ratusan batang kayu yang berhasil diamankan memiliki ukuran bervariasi. Untuk panjang, mencapai 1-3 meter dengan diameter 20-30 cm.

“Bentuknya sudah balok kaleng (Balken) dan bervariasi. Ada kayu sudah tua dan masih muda,” urainya.




  • Bagikan