Polinela Ciptakan Lulusan yang Terampil,Profesional untuk Kebutuhan IDUKA

Rangkaian Diesnatalis Polinela ke 38


Foto - Foto Anggi Rhaisa/Radarlampung.co.id : Foto 1 : 1) Direktur Polinela Dr.Sarono,M. Si didampingi Pudir 1 Dwi Puji Hartono, S.Pi., M.Si berfoto bersama dengan Wisudawan/ti terbaik Sarjana Terapan Polinela. Foto 2 : 2) Suasana Penyerahan ljazah Wisudawan/ti Sarjana Terapan dan Diploma III.
Direktur Polinela Dr.Sarono,M. Si didampingi Pudir 1 Dwi Puji Hartono, S.Pi., M.Si berfoto bersama dengan Wisudawan/ti terbaik Sarjana Terapan Polinela.

RADARLAMPUNG.CO.ID –  Dalam rangka Diesnatalis ke-38, Politeknik Negeri Lampung (Polinela) menggelar beberapa kegiatan salah satunya kegiatan prosesi wisuda Tahun Akademik (TA) 2021/2022  yang berlangsung secara offline pada hari Sabtu (14/5/2022) di Gedung Serba Guna (GSG) Polinela dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19.

Sebanyak 234 mahasiswa/ti mengikuti prosesi Wisuda Polinela tahun akademik 2021/2022  telah melakukan di Yudisium  tersebut di atas, berasal dari 5 Jurusan dan tersebar dalam 6 Program Studi Program Sarjana Terapan dan  11 Program Studi Program Diploma III.





Dengan melihat kinerja lulusan Tahun Akademik 2021/2022, maka telah menetapkan lulusan terbaik.

Untuk Program Sarjana Terapan, Yakni Terbaik Satu diraih oleh Syahdilla Anggiva Akhni Rar Program Studi Teknologi Rekayasa Kimia Industri. Jurusan Teknologi Pertanian IPK 3,99,Predikat Kelulusan Dengan Pujian.

Lalu, Terbaik kedua diraih oleh Annisa Eka Nirwana (Program Studi Teknologi Rekayasa Kimia Industri, Jurusan Teknologi Pertanian, IPK 3,97, Predikat Kelulusan Dengan Pujian).

Untuk Terbaik ketiga diraih oleh Fadhila Septianingrum (Program Studi Akuntansi Perpajakan.Jurusan Ekonomi dan Bisnis, IPK 3,96, Predikat Kelulusan Dengan Pujian).

Sementara lulusan terbaik untuk Program Diploma, Yakni lulusan terbaik 1 diraih oleh Putri Dewi Pradasari. Program Studi Manajemen Informatika. Jurusan Ekonomi dan Bisnis IPK 3,83. Predikat Kelulusan Dengan Pujian.

Lalu, Terbaik kedua diraih oleh Febri Gilang Pratama (Program Studi Manajemen Informatika.Jurusan Ekonomi dan Bisnis IPK 3,81 Predikat Kelulusan Dengan Pujian).

Kemudian, Terbaik ketiga diraih oleh Okta Dewi (Program Studi Akuntansi, Jurusan Ekonomi dan Bisnis,IPK  3,79.Predikat Kelulusan  Dengan Pujian).

Usai mengukuhkan para wisudawan/ti, Direktur Polinela,Dr.Sarono,M.S menjelaskan Era baru yang penuh tantangan sekaligus peluang. Era baru tersebut ditandai dengan Revolusi Industri 4.0 yang dipercepat dengan Pandemi Covid 19.

Era baru ini memaksa kita untuk hidup dengan cara-cara baru pula. Dalam menghadapi era baru ini Pimpinan Polinela telah  melakukan perubahan yang sangat mendasar terutama menyesuaikan dengan kebijakan “Merdeka Belajar Kampus Merdeka”.

Polinela telah melakukan hal-hal sebagai berikut,lanjut Dr.Sarono, yakni Reorientasi kurikulum sesuai dengan kebutuhan industri. “Mahasiswa belajar diluar kampus baik melakukan kegiatan kewirausahaan,Penelitian,Mengajar disekolah, Pengabdian masyarakat dan lainnya,”ucapnya.

Lalu, Link and Match dengan Industri dan Dunia Kerja (Iduka), Pengembangan Teaching Factory (TEFA) untuk mendukung proses pembelajaraan, Peningkatan kualitas dan kuantitas dosen dan Pranata Laboratorium Pendidikan (PLP).

Pada usia yang ke 38 tahun ini,Polinela terus berbenah dan berkontribusi nyata pada masyarakat.

Dalam rangka menjawab tantangan dan kebutuhan dunia usaha dunia industri serta masyarakat Lampung khususnya dan Indonesia, Polinela terus meningkatkan varian bidang ilmu dan teknologi terapan.

“Semoga Polinela terus menjadi Perguruan Tinggi (PT) sebagai Supermarket SDM untuk memenuhi Kebutuhan Pemerintah,maupun Industri, Dunia Usaha dan Kerja (IDUKA).Kami akan terus berkreasi dan Berinovasi dan Ciptakan lulusan yang Terampil,Profesional untuk Kebutuhan IDUKA,”tambahnya.

Terkhusus untuk para wisudawan/ti, Dr.Sarono menghimbau para wisudawan/ti terus menjunjung tinggi kedisplinan, kejujuran, bekal akhak mulya, terampil, mandiri serta mengasah kemampuan diri serta terus belajar dalam meningkatkan kopetensi diri.

“Dengan bekal akhak mulya, Kejujuran disiplin, terampil ,mandiri dan lainnya yang telah ditanamkan selama di Polinela. Saya percaya bahwa para wisudawan/ti mampu menghadapi berbagai tantangan yang ada di tengah-tengah masyarakat dan dunia industri dan dunia usaha; mampu  berkontribusi secara nyata, menciptakan lapangan kerja yang baik. Tetap mengabdikan diri kepada nusa dan bangsa,”pesan Dr.Sarano.

Sementara, Pembantu Direktur (Pudir) I bidang Akademik Polinela, Dwi Puji Hartono, S.Pi., M.Si melaporkan bahwa Kelulusan pada wisuda periode ini merupakan yang ke 43 ( empat puluh tiga) sejak berdirinya Polinela  atau yang ke 33 ( tiga puluh tiga) kalinya bagi Polinela setelah mandiri sebagai salah satu  Perguruan Tinggi Negeri di bawah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) yang berada di daerah Lampung.

Adapun mahasiswa/i yang  mengukuti prosesi wisuda pada hari ini (14/5) berasal dari Prodi  yakni Jurusan Budidaya Tanaman Pangan yakni Program Studi Produksi Tanaman Pangan (5 orang), Program Studi Hortikultura (1 orang), Program Studi Teknologi Perbenihan (20 orang )

Lalu, Jurusan Budidaya Tanaman Perkebunan yakni, Program Studi Produksi Tanaman Perkebunan (10 orang), Program  Studi Produksi dan Manajemen Industri Perkebunan (  33 orang ), Kemudian, Jurusan Teknologi Pertanian dari Program Studi Teknik Sumberdaya Lahan dan Lingkungan (8 orang), Program Studi Mekanisasi Pertanian (1 orang), Program Studi Teknologi Pangan (3 orang), Program Studi  Teknologi Rekayasa Kimia Industri (14 orang).

Lalu,Jurusan Peternakan, Yakni Program Studi Produksi Ternak (5 orang), Program Studi Budidaya Perikanan (7 orang), Program Studi Teknologi Produksi Ternak (10 orang).

Kemudian, Jurusan Ekonomi dan Bisnis dari Program Studi Agribisnis ( 26 ), Program Studi Akuntansi (  23 ),Program Studi Manajemen Informatika (  34 ),Program Studi Agribisnis Pangan (  16 ),Program Studi Akuntansi Perpajakan ( 18 ), Program Sarjana Terapan ( S1. Terapan ) sebanyak 111 orang. Lalu, Program Diploma III (sebanyak 123 orang).

Foto - Foto Anggi Rhaisa/Radarlampung.co.id : Foto 1 : 1) Direktur Polinela Dr.Sarono,M. Si didampingi Pudir 1 Dwi Puji Hartono, S.Pi., M.Si berfoto bersama dengan Wisudawan/ti terbaik Sarjana Terapan Polinela. Foto 2 : 2) Suasana Penyerahan ljazah Wisudawan/ti Sarjana Terapan dan Diploma III.
Suasana Penyerahan ljazah Wisudawan/ti Sarjana Terapan dan Diploma III.

“Dengan dikukuhkan kelulusan mahasiswa periode  14 Mei 2022  Tahun Akademik 2021/2022, maka menambah Jumlah Lulusan Sarjana Terapan (S1 Terapan)  dan Ahli Madya ( A.Md)  menjadi  10.077  orang,”tambah dia.

Dwi juga menjelaskan  prosesi wisuda dan diesnatalis polinela 2022 ini juga diisi dengan  Penyampaian orasi ilmiah  dua dosen.Diantaranya,orasi ilmiah
Dr. Ir. Jaenudin Kartahadimaja, M.P, dan  Penyampaian orasi ilmiah  oleh Dr. Ir. Ratna Dewi, M.P.

“Kami juga memberikan penghargaan kepada dua Dosen Polinela atas penyampaian orasi ilmiah,”ucapnya

Terkait Rangkaian Diesnatalis Polinela ke 38, Kepala Informasi dan Humas Polinela,Ir.Teguh Budi Trisnanto, M.Si menambahkan bahwa rangkaian diesnatalis ke- 38 bertemakan. Polinela Bermutu, Ciptakan Insan Berilmu.

Ini dimulai pada 11 April 2022-15 Mei 2022 dengan berbagai kegiatan. “Pembukaan secara resmi pada 9 Mei 2022.Dan Penutupan secara resmi pada Minggu (15/5) mendatang,”sebut Teguh.

Adapun beberapa kegiatan diantaranya, Opening Activity Dies Natalis Polinela Ke-38, Sidang Terbuka Senat, Orasi llmiah & Wisuda.

Lalu, Polinela Expo (UPT P3UT) salah satunya mengadaka. Pameran Produk Teknologi, Lomba Inovasi Produk Teknologi (LIPT) II, serta Webinar Sertifikasi Produk.

Kemudian,  IT Contest Tingkat SMA Sederajat se Provinsi Lampung (Daring) seperti Lomba Content Creator Social Media,  Lomba Desain Web Blog , Photo Contest.

“Pada tanggal 25 April – 31 Mei 2022 secara  (Daring) mengadakan Anugerah Humas 2022 Apresiasi kinerja kehumasan dalam rangka peningkatan kualitas publikasi dan informasi di setiap organisasi yang berada di Polinela diantaranya, apresiasi Pengelolaan Siaran Pers/Berita, Apresiasi Pengelolaan Laman, Apresiasi Pengelolaan Media Sosial,  Apresiasi Insan Humas Terfavorit,” tambah Teguh.

Sementara untuk penutupan rangkaian Diesnatalis ke 38 yang berlangsung pada Minggu 15 Mei 2022 mendatang di GSG Polinela,Teguh menyampaikan bahwa Penutupan rangkaian Diestalis Polinela 38  pada Minggu (15/5) berisi kegiatan Jalan Gembira, Senam Bersama, Bakti Sosial serta Penutupan Rangkaian Acara Dies Natalis ke38 lainnya. (gie/yud)