Polinela Tawarkan Berbagai Jalur Beasiswa untuk PMB Tahun Akademik 2022/2023


RADARLAMPUNG.CO.ID – Politeknik Negeri Lampung (Polinela), merupakan Pendidikan Tinggi berbentuk Vokasi. Yakni 30 persen Teori dan 70 persen Praktik Lapangan.

Hal ini disampaikan Direktur Polinela, Dr.Sarono, M.Si dalam Kick Off Penerimaan Mahasiswa Baru Polinela Tahun 2022/2023 melalu kanal Youtube Polinela Senin (17/1).





Sarono menjelaskan, berdasarkan Undang-Undang nomor 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, bahwa Ada 3 Jenis Pendidikan Tinggi. Seperti Vokasi, Akademik dan Profesi.

Dari 200 Politeknik di Indonesia, sebanyak 44 merupakan Politeknik Negeri. dimana Pendidikan Di Politeknik ada D1-S3 Terapan.

“Khusus di Politeknik Negeri Lampung (Polinela) saat ini mulai dari D3, D4 hingga S2 Terapan (Magister Terapan Ketahanan Pangan/MTKP),” Ujar Dr.Sarono.

Apalagi tantangan kedepan, lanjut Dr.Sarono, seseorang tidak akan bertanya tentang tempat belajarnya. Namun, lebih kepada keterampilan yang dimiliki.

“Nah,dengan berkuliah di Polinela yang 30 persen teori dan 70 persen praktek sesuai bidangnya. Tentunya ini menjadi bekal alumni polinela siap menghadapi tantangan masa depan,” Ucapnya.

Dalam Kick Off Penerimaan Mahasiswa Baru Polinela Tahun 2022/2023 melalu siaran Youtube Senin (17/1), Dr.Sarono berpesan kepada mahasiswa baru untuk memilih Pendidikan Tinggi Jenis Vokasi.

“Khususnya di Polinela, sebaiknya memilih jurusan sesuai Passion sehingga nantinya akan berpeluang untuk memiliki keterampilan tersebut dan siap menghadapi tantangan masa depan,” Ucap Sarono diamini Host (Moderator) dalam Kick OFF PMB Polinela Tahun Akademik 2022/2023, Intan Kamilia Habsari.

Sementara, Pembantu Direktur I (Pudir I) Polinela, Dwi Puji Hartono,S.Pi.M.Si, menambahkan bahwa Polinela memiliki berbagai jalur beasiswa. Yakni jalur beasiswa saat menjadi calon mahasiswa baru dengan jalur beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah.

“Tahun 2021 yang lalu, dari 1400 mahasiswa baru diterima, 450 orang Mahasiswa baru melalui jalur beasiswa KIP Kuliah. Artinya 1/3 bagian PMB merupakan mahasiswa KIP Kuliah,”sebut Dwi sambil mengatakan bahwa PMB jalur beasiswa KIP Kuliah 2022 masih dibuka sampai batas kuota terpenuhi.

Jalur beasiswa lainnya, yakni beasiswa dari Industri, prestasi akademik maupun non akademik. “Untuk beasiswa ini diperuntukkan bagi mahasiswa sudah menempuh pendidikan di Polinela. Mereka bisa aktif mencari peluang beasiswa setelah resmi menjadi mahasiswa Polinela,”tambah Dwi.

Dwi juga menginformasikan bahwa ada dua jalur PMB yakni jalur undangan maupun jalur seleksi bersama. PMB berlangsung secara online melalui Pendaftaran PMB dari 3 Januari  -21 Juli 2022 mendatang melalui beberapa jalur seleksi. Dengan rincian Pertama, untuk Pendaftaran SNMPN-D3 Pendaftaran 3 Januari -18 Maret 2022 dimana pendaftaran melalui web: https://snmpn.politeknik.or.id.

Kedua, untuk Pendaftaran Seleksi Nasional Pendaftaran Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)-D4 dimulai 14 Februari – 28 Februari 2022 melalui web:https://ltmpt.ac.id.

Ketiga, untuk Pendaftaran Penulusuran Bakat Kemampuan Akademik dan Bakat (PMKAB)-D3&D4 dimulai 3 Januari -18 Maret 2022 melalui https://pmb.polinela.ac.id.

Keempat, untuk pendaftaran Seleksi bersama masuk Politeknik Negeri (SBMPN) dari 6 April – 30 Juni 2022 melalui https://sbmpn.politeknik.or.id.

Kelima, untuk pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMBPTN) pendaftaran 23 Maret -15 April 2022 melalui https://ltmpt.ac.id.

Keenam, untuk pendaftaran Seleksi Masuk Ujian Mandiri  Politeknik Negeri Lampung (D3&D4) pendaftaran 4 Juli – 21Juli 2022 mendatang melalui https://pmb.polinela.ac.id

“Khusus untuk Pengumuman Hasil SNMPTN, dijadwalkan pada 29 Maret 2022. SBMPTN adalah seleksi calon mahasiswa baru PTN berdasarkan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) saja, atau hasil UTBK dan kriteria lain yang ditetapkan bersama oleh PTN. Dan untuk Informasi selengkapnya mengenai SNMPN silahkan diunduh melalui : https://snmpn.politeknik.or.id  atau mengenai informasi PMB polinela dengan mengunjungi web polinela.ac.id,” Bebernya.

Terpisah, Kepala Informasi dan Humas Polinela, Ir.Teguh Budi Trisnanto,M.Si menyampaikan bahwa Polinela saat ini telah memiliki 13 Prodi DIII, 12 Prodi S1 Terapan dan 1 Prodi S2 Terapan.

“Rencana Kuota PMB 2022/2023 adalah 2310 orang,”tutupnya. (gie/yud)