Polres Lampura Simulasikan Sispamkota Pemilu 2019

  • Bagikan

radarlampung.co.id – Jelang Pemilu 2019, Polres Lampung Utara (Lampura) menggelar Simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) sebagai wujud kesiapan Polri dalam pengamanan berbagai ancaman dan gangguan Kamtibmas pada pelaksanaan pesta Demokrasi Pemilu 2019. 

Kegiatan yang melibatkan 650 personil gabungan TNI-Polri dan instansi terkait ini berlangsung di Stadion Sukung Kotabumi, Rabu (13/3).


Kapolres Lampura AKBP Budiman Sulaksono menyampaikan, simulasi ini bertujuan sebagai gambaran pihak jajaran Polres Lampura dalam memberikan perlindungan pengayoman dan melayani terhadap masyarakat khususnya saat pengamanan Pemilu 2019.

“Sispamkota ini untuk melatih kemampuan dan keterampilan personil Polres Lampung Utara dalam menangani massa pengunjuk rasa maupun gangguan kamtibmas serta personil dapat memahami tugas pokok dan fungsi serta peran masing-masing satuan,” kata Budiman.

Baca Juga:   Rutan Kotaagung Gelar Simulasi Penanganan Kebakaran

Ia menambahan, pelaksanaan Pemilu 35 hari lagi, yang akan dilaksanakan pada 17 April 2019. Sebab itu, diperlukan keseriusan dan kesiapan baik personil dan peralatan dalam menghadapi Pemilu 2019, sehingga pelaksanaan Pemilu 2019 di Kabupaten Lampura dapat terselenggara dan berjalan aman, damai dan sejuk.

Kapolres melanjutkan, untuk mewujudkan kesiapan dan profesionalisme personil, maka diperlukan latihan. Salah satunya adalah Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota), ini merupakan bentuk latihan ketika situasi keamanan di Kabupaten Lampung Utara menjadi tidak kondusif (anarkis massa), dampak dari Pemilu 2019 maka diperlukan penanganan yang sesuai dengan Undang-undang dan protap yang berlaku.

“Semoga hal itu tidak terjadi di Lampung Utara, Kalaupun samapai terjadi kita tidak perlu khawatir karana kita semua sudah siap, karna sudah terdoktrin di pikiran kita bahwa kita tau siapa berbuat apa, siapa melapor kepada siapa dan kita punya SOP dan tidak kalah pentingnya kita punya kebersamaan antara TNI-Polri,” tandasnya. (Ozy/kyd)




  • Bagikan