Polres Lamsel Gunakan Helm Hanuang untuk Deteksi Penumpang di Pelabuhan Bakauheni

  • Bagikan
FOTO DOKUMEN POLRES LAMPUNG SELATAN

RADARLAMPUNG.CO.ID – Polres Lampung Selatan membuat terobosan melengkapi personel yang melakukan pemeriksaan di Pelabuhan Bakauheni dengan pendeteksi sensor panas atau suhu tubuh.

Peralatan yang disebut dengan helm Hanuang ini dilengkapi camera thermal yang terhubung dengan ponsel dan bisa mendeteksi tubuh penumpang melalui aplikasi Flir One.


Kepala KSKP Bakauheni AKP Ridho Rafika mengatakan, helm Hanuang mulai diujicobakan sejak pemberlakuan penyekatan di pelabuhan.

“Ini membantu petugas mendeteksi suhu tubuh penumpang yang masuk ke Pelabuhan Bakauheni,” kata Ridho Rafika mewakili Kapolres Lampung Selatan AKBP Edwin.

Ridho mengungkapkan, petugas akan memantau penumpang dengan menggunakan helm Hanuang. Jarak maksimal yang bisa terdeteksi sejauh 10 meter.

Baca Juga:   Dua Remaja Tenggelam di Way Sekampung

“Nantinya, sensor akan mendeteksi suhu tubuh penumpang. Jika lebih dari 37 derajat, akan dibawa ke KKP (kantor kesehatan pelabuhan) untuk pemeriksaan lebih lanjut,” sebut dia.

Ridho melanjutkan, penggunaan helm Hanuang akan mengurangi jarak kontak petugas dengan penumpang. “Jadi kita tidak perlu kontak langsung dengan masyarakat yang masuk ke pelabuhan,” tandasnya. (ais)




  • Bagikan