Polresta Selidiki Penyebab Terbakarnya KMP 336

  • Bagikan

RADARLAMPUNG.CO.ID – Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polresta Bandarlampung masih melakukan penyelidikan terkait terbakarnya KMP 336, pada Kamis (18/11) dini hari.

Sebelumnya dikabarkan, Kapal Motor Penumpang (KMP) 336 diketahui merupakan milik PT Intisentosa Alambahtera (ISAB) Panjang.


Namun Kasatreskrim Polresta Bandarlampung, Kompol Devi Sujana mengatakan, KMP 336 yang hangus tersebut merupakan milik Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Panjang.

“Kapal tersebut terbakar, kemarin dini hari sekitar jam 1 di Dermaga Pelindo Panjang yang dikelola oleh PT ISAB, kapalnya adalah kapal milik KSOP,” jelasnya, Jumat (19/11).

Lebih jauh Devi menjelaskan, jajaran Polresta Bandarlampung telah mengecek lokasi kejadian bersama dengan KSPK panjang, KSOP Panjang, Pelindo dan pihak-pihak terkait.

Pihaknya juga telah meminta keterangan dari saksi-saksi di sekitar tempat kejadian perkara (TKP).

“Kami sudah melakukan cek tkp, tim dari Polres. Saya juga sudah turun langsung kemaren. Kita sudah mengumpulkan keterangan dan saat ini ada juga saksi yang masih dimintai keterangan,” jelasnya.

Disinggung terkait alasan KMP 336 yang informasinya ditenggelamkan usai terbakar, Devi mengaku, belum mendapatkan informasi tentang hal itu.

Baca Juga:   Kasus Penganiayaan Nakes, JPU Tuntut Terdakwa Dua Bulan Penjara

“Untuk pemicu kebakaran itu masih diselidiki. Soal kapal yang ditenggalamkan, itu kita belum tau ada informasi itu. Informasi yang kami dapat, karena kapal itu mengalami rusak berat dan terbakar habis, jadi tenggelam,” tandasnya.

Informasi lain yang didapat, kapal tersebut sebelumnya digunakan pada saat tabur bunga di tanggal 10 November 2021, lalu.

“Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu. Isi kapal itu sendiri kita belum tau, tapi informasinya kapal itu kosong hanya belum bisa kita pastikan. Karena terakhir informasinya kapal itu digunakan pada saat tabur bunga di tanggal 10 November,” pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, Satu unit Kapal Motor Penumpang (KMP) milik PT Intisentosa Alambahtera (ISAB) Panjang hangus terbakar pada Kamis (18/11) sekitar pukul 00.13 wib dini hari.

KMP 336 tersebut terbakar di dalam area pelabuhan Panjang, Waylunik, Bandarlampung. Hal itu diungkapkan Kabid Kesiapsiagaan dan Logistik BPBD Kota Bandarlampung, Sutarno.

Baca Juga:   Penjelasan Sekum Pengprov Tarung Derajat Usai Dimintai Keterangan di Kejati Lampung

“Iya benar, kejadiannya semalam sekitar pukul 00.13 wib. Kapal tersebut milik PT. Intisentosa Alambahtera,” katanya.

Dia menjelaskan, dalam proses pemadaman api tersebut pihaknya menurunkan sebanyak lima unit mobil pemadam kebakaran dan dua unit kapal bantuan PT. Pelindo.

Lebih jauh dia mengatakan, usai proses pemadaman selesai, KMP 336 tersebut kemudian ditenggalamkan. Namun, Sutarno tidak tau pasti alasannya.

“Setelah selesai dipadamkan, informasi terakhir bahwa kapal itu ditenggelamkan. Saya tidak tau kenapa, apakah itu termasuk dari prosedur pelabuhan atau semacamnya,” katanya.

Sutarno juga mengatakan, KMP 336 ludes terbakar. Begitu juga dengan isi yang ada di dalam kapal. “Ketika selesai dipadamkan memang isi di dalamnya (kapal, red) habis terbakar. Tinggal sisa kerangka kapalnya,” tandasnya.

Untuk saat ini pihaknya juga masih melakukan penyelidikan terkait penyebab terbakarnya kapal milik PT. Intisentosa Alambahtera tersebut.

“Untuk sementara ini kita masih melakukan inventarisir terkait kerugian dan melakukan penyelidikan terkait penyebab kebakarannya,” pungkasnya. (Ega/yud)





Baca Selengkapnya...





  • Bagikan