Ponpes Lirboyo Hadir di Lampung

  • Bagikan
Penyerahan tanah wakaf Ponpes Libaryo Cabang Lampung dari Sutaji (Wakif) kepada Agus Abdul Qodir Jailani sebagai Nadzir sekaligus Perwakilan dari Ponpes Lirboyo, Jawa Timur. FOTO PONPES LIRBAYO CABANG LAMPUNG

RADARLAMPUNG.CO.ID – Atas Izin Allah, Pondok Pesantren (Ponpes) Lirboyo Cabang Lampung telah terwujud pada Sabtu, 27 Februari 2021.

Ponpes Lirbayo berpusat di Jawa Timur, untuk cabang Lampung sendiri berlokasi di Dusun Kuningan, Desa Tanjungsari, Kecamatan Palas Lampung Selatan. Salah satu Alumni Pondok Lirboyo Jawa Timur, yaitu Dr. Mualimin, M.Pd.I., yang merupakan dosen pengajar Universitas Lampung (Unila) menyempatkan hadir dalam pembukaan Ponpes Lirboyo cabang Lampung.

Dr. Mualimin menyambut baik hal tersebut. Ia menyampaikan bahwa kehadiran pesantren Lirboyo adalah dalam rangka membantu pemerintah untuk mencerdaskan masyarakat, khususnya di bidang agama.

Baca Juga:   Sidak Pasar, BBPOM Masih Temukan Produk Tanpa Izin Edar

Dijelaskannya, orang pintar seperti sarjana dan insinyur setiap tahun di wisuda, sehingga pemerintah tidak akan kekurangan tenaga pengajar tersebut.

Namun dalam hal mencetak para santri dan para kiai telah terbukti mencetak kecerdasan spiritual, emosional, dan intelektual yang diharapkan Undang-undang dan kurikulum 2013, yang siap mampu bersaing di kancah lokal, nasional, bahkan internasional jarang mendapat perhatian pemerintah.

“Semoga pembukaan Ponpes Lirbayo di Lampung dapat mencetak santri dan para kiai masa yang akan datang khususnya untuk kebutuhan Provinsi Lampung,” ucapnya.

Acara pembukaan Ponpes Lirbayo Cabang Lampung tersebut diisi juga dengan kegiatan Isro’ Mi’roj, sekaligus penyerahan tanah wakaf dari Sutaji (wakif) kepada Agus Abdul Qodir Jailani sebagai Nadzir yang sekaligus perwakilan dari pondok pesantren Lirboyo Kota Kediri Jawa Timur.

Baca Juga:   Nekat Balap Liar di Bulan Ramadan ? Siap-Siap Saja Kendaraan Dikandangkan Polisi

Kegiatan ini dihadiri juga oleh Perwakilan Masyayekh Pesantren Lirboyo, yakni Agus Abdul Qodir Jailani, Agus Marzuki Hamid, Zainal Muttaqin, dan M. Hanif, serta alumni PP Lirboyo dari berbagai generasi yang tergabung dalam Himasal Lampung dan dihadiri masyarakat sekitar.

KH. Basyarudin Maisir, M.Pd.I sebagai Ketua HIMASAL Provinsi Lampung menyambut baik pembukaan ponpes Libaryo cabang Lampung dengan tetap mematuhi protokol pencegahan penyebaran Covid-19.

Baca Juga:   Perhatian ! Pelanggar Lalu Lintas Terekam ETLE Bakal Dapat Surat Tilang

KH. Basyarudin pun menjelaskan bahwa saat ini setidaknya ada 1.150 santri asal Lampung yang belajar di Pondok Pesantren Lirboyo, jadi sudah saatnya Pondok Pesantren Lirboyo membuka cabang di Lampung.

Dalam membangun pesantren ini, lanjut dia, alumi pondok pesantren juga menggalakan koin HIMASAL, serta para donatur, dan saat ini pihaknya juga masih membuka diri untuk masyarakat yang mau berinfak. Hal ini juga diiyakan oleh Kyai M. Son Haji yang juga pergurus Himasal dan sekaligus Ketua lembaga ittihadul mubalighin (LIM) Lampung. (gie/sur)



  • Bagikan



Diduga Bunuh Diri, Pemuda Nekat Tabrakkan Diri ke Kereta Lampung Barat Diguncang Gempa Tektonik Bejat! Paman Cabuli Keponakan Hingga Hamil Delapan Bulan