Populerkan Kembali Robusta Lampung, IMA Bakal Gelar 3 Event Kopi


ILUSTRASI/FOTO NET

radarlampung.co.id Indonesia Marketing Association (IMA) chapter Bandarlampung bekerjasama dengan Dewan Kopi Lampung berencana menggelar event besar di minggu ketiga bulan September 2019. Di antaranya, Lampung Barista Competition (Labarco), Talk Show ”Kenapa harus kopi Robusta” dan Robusta Jazz Night.

Pesident IMA Bandarlampung Heri Andrian mengatakan, event ini digelar sebagai bentuk kepedulian pihaknua terhadap kopi Rabusta Lampung yang kian kalah populer dibanding kopi Arabika. ”Kami sempat diskusi soal kopi dengan komunitas Barista Lampung, membahas tentang fakta kenapa  mereka lebih suka pake kopi Arabica,” katanya, Kamis (5/9).





Lanjut dia, dari pertemuan di kedai Kopi Damai, Jl. Antasari, Bandarlampung tersebut, para barista mengatakan bahwa kepopuleran kopi Arabika dipengaruhi oleh selera pasar, dimana penikmat kopi dianggap lebih menyukai Arabica dibanding Robusta.

Selain itu, Robusta Premium juga dianggap lebih mahal dibanding Arabica Premium. Sehingga kopi Robusta kebanyakan hanya digunakan sebagai bahan campuran untuk kopi Arabica. ”Kemudian ada anggapan bahwa Robusta Premium dikirim ke Jakarta dan kota besar karena mahal, dan dianggap hanya bisa dijual di kota besar saja,” paparnya.

Masih langkanya event-event kopi Rabusta di Lampung juga dianggap memberikan pengaruh terhadap kepopuleran kopi Rabusta. Kemudian menurut Barista seharusnya Green bean Robusta Premium maksimal hanya seharga Rp38 ribu sampai Rp40 ribu saja.

Sementara praktek di lapangannya, para pemasok Robusta Premium meminta harga leboh tinggi yakni minimal Rp50 ribu. ”Sehingga dari sini kita bisa lihat ada gap harga yang cukup tajam, mencapai 25 persen,” tandasnya. (ega/kyd)