Pos Jaga di Lampura Layani Vaksinasi dan Rapid Test

  • Bagikan

 

RADARLAMPUNG.CO.ID – Pelaku perjalan yang melintas di Wilayah Kabupaten Lampung Utara(Lampura), tidak diputar balik, jika tidak memiliki kartu vaksin.



Hal itu tampak di Pos penjagaan Natal dan tahun baru (Nataru) terletak dibeberapa titik yang telah dipersiapkan oleh pemerintah daerah setempat.

Bahkan mereka akan langsung divaksin, begitu pun saat tak ada surat keterangan bebas covid (rapid tes antigen) terhadap pelaku perjalanan.

“Ya begitulah standar operasional petugas berjaga disana, warga yang tak memiliki kartu vaksin akan langsung divaksin. Juga tidak ada surat bebas covid dengan antigen, karena memang ada tenaga kesehatan yang dipersiapkan disana. Selain petugas berjaga, baik dari keamanan (TNI-Polri), satpol-pp dan tim reaksi cepat dari BPBD,” kata Kepala BPBD Lampura, Nozi Efialis, sekaligus Ketua Pelaksana (Kalak), Selasa, (28/12).

Baca Juga:   Wabup-Dandim Tinjau Vaksinasi Anak di Pugung

Dengan waktu 1 x 24, dibagi dalam beberapa ship. Sehingga memantau pergerakkan manusia disejumlah ruas jalan yang menjadi jalur lintas tengah Sumatera (Jalintengsum).

Khususnya dimoment perayaan natak dan tahun baru (nataru). Mereka (petugas) bersiaga menjaga lalu-lintas disana.

“Jadi tidak ada yang kita putar balikkan kendaraan yang tak memenuhi persyaratan. Namun dibantu, mulai masalah vaksin sampai dengan rapid test antigennya,” timpal Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Lampura, Edi Warsono.

Hingga mereka dapat melanjutkan perjalanan disana, lanjutnya. Sebab, dalam Intruksi Bupati (Inbup) itu diatur. Sehingga memperlancar perjalanan.

Baca Juga:   Kadiskes Lampung Gandeng FKUB pada Kick Off Booster Vaksinasi Covid-19 Bagi Tokoh Agama

“Tidak hanya kendaraan umum, macam bus dan kendaraan umum lainnya. Melainkan juga mobil atau motor pribadi,” tambahnya.

Pantauan dilapangan, lalu-lalang kendaraan dari arah Bandar Lampung – Baturaja dan sebaliknya mulai ramai. Khususnya kendaraan – kendaraan luar kota maupun provinsi. Yang berawalan, BE- .. -A, B – dan lainnya. Sementara untuk kondisi Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) telah mulai mengalami kerusakan, meski belum lama diperbaikki.

“Alhamdulillah, disini kita diperlakukan baik. Sehingga tak ada masalah, bagi yang belum vaksi akan divaksin. Begitu juga untuk rapidtest antigen atau surat keterangan bebas covid, dapat dilakukan disini,” ujar salah satu pengendara mini bus berhenti disana, Ari.

Baca Juga:   Tim Yustisi Segel Dua Tempat Usaha di Jl. Yos Sudarso

Sebelumnya, pihak BPBD Lampura melalui tim reaksi cepat (TRC) membantu pihak keamanan dan satgas covid berjaga dipos penjagaan yang telah dipersiapkan. Dalam menjaga suasana natal dan tahun, mengawasi pelaku perjalanan (pp) yang melintas disana.

Apalagi mendekati malam pergantian tahun, jangan sampai abai karena sudah ada Instruksi Bupati Budi Utomo menindaklanjuti Inmendagri terbaru No.66/2021. Agar masyarakat tetap dirumah, apalagi sampai menggelar pesta perayaan. Untuk sembahyang pun diharapkan dilakukan dirumah,” kata Kepala Pelaksana Bencana (Kalak) Daerah, Nozi Efialis, sekaligus Kepala BPBD Lampura itu belum lama ini. (ozy/yud)






  • Bagikan