Posisi Kaki Saat Sujud Renggang Atau Rapat ? Ini Jawaban Ustadz Firanda Andirja

  • Bagikan
Sumber foto muslim.or.id

RADARLAMPUNG.CO.ID-Saat umat muslim melaksanakan salat, maka salah satu gerakan salat adalah sujud. Lantas bagaimana posisi kaki saat bersujud tersebut ? Ustadz Firanda Andirja, yang dikutip dari kanal youtube taman surga membahas perihal posisi kaki saat kita tengah bersujud.

“Ketika kita sujud apakah tumit kita menempel atau tidak ?  Jumhur ulama mengatakan mengatakan tidak perlu menempel. Terbuka biasa saja. Seperti pendapat Syaikh Albani Rahimatullah taala. Ini juga masalah khilaf. Dua-duanya sah. Namun saya lebih condong ditempelkan ya berdasarkan hadits Aisyah Radhiallahu anha saya lebih condong menempelkan tumit,” katanya.



Sehingga, saat seorang salat lebih tertutup terlebih jika orang tersebut salat mengenakan sarung karena terkadang bisa tersingkap betis. “Maka lebih tertutup tumit kita lebih terjaga. Tetapi tadi ini masalah khilafiyah. Seandainya ada seorang yang salat kemudian kakinya terbuka maka tidak jadi masalah tertutup juga tidak jadi masalah,” jelas Ustadz Firanda.

Namun, Ustadz Firanda mengingatkan, agar saat sujud telapak kaki pada posisi tegak dan jari-jari dipasangkan dilantai. “Jadi tulang ini keduanya harus dipasangkan di lantai,” katanya. (net/wdi)






  • Bagikan